10 Fakta Menarik Tokyo, Ada Lampu LED Anti Bunuh Diri

Tokyo, Jepang
Sumber :
  • jw-webmagazine.com

VIVA Lifetsyle – Bertandang ke negara kepulauan di Asia Timur seperti Jepang, rasanya ada yang kurang jika tidak melipir ke kota metropolitannya yakni Tokyo. Tokyo menjadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi di Jepang.

Tumbuh 5,11 Persen, Ekonomi RI Kuartal I-2024 Lebih Tinggi Dibanding Negara-negara Ini

Saking metropolisnya, Tokyo menjadi salah satu kota di Jepang yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tokyo adalah ibu kota Jepang dan salah satu kota terpadat di dunia. Kota ini terkenal dengan arsitektur modern, budaya makanan, dan kehidupan malamnya yang semarak. Tokyo juga merupakan rumah bagi sejumlah situs sejarah dan atraksi budaya.

Ilustrasi kota di Jepang.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Jepang Juara Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Sang Penghancur Timnas Indonesia

Sekaligus rumah bagi Istana Kekaisaran dan pusat pemerintahan dan parlemen, serta hotel mewah, restoran berbintang Michelin, dan tempat belanja yang fantastis. 

Terletak di East-Central Honshu, pulau utama terbesar di Jepang, kota berpenduduk padat ini berfungsi sebagai basis yang tepat untuk menjelajahi bagian lain negara ini.

Kento Momota Tak Mau Jauh-jauh dari Bulutangkis Usai Pensiun

Salah satu kota paling modern di dunia dalam hal infrastruktur dan desainnya, sebagian besar karena gempa bumi tahun 1923 dan kehancuran Perang Dunia II – Tokyo juga memegang gelar kota termahal di dunia untuk ditinggali. 

Berikut ini kami akan membagikan sederet fakta menarik Tokyo yang jarang orang ketahui, melansir dari berbagai sumber:

Secara Geografi

Ilustrasi Tokyo, Jepang.

Photo :
  • Freepik/mrsiraphol

Fakta-fakta Tokyo ini akan membuktikan Tokyo memiliki geografi yang menarik karena terdiri dari banyak pulau berbeda yang membentuk Jepang, fakta-fakta ini pasti akan menawarkan beberapa wawasan hebat tentang Tokyo.

  • Nama Jepang untuk Jepang adalah 'nippon' atau 'nihon', yang artinya asal matahari. Inilah sebabnya mengapa bendera Jepang memiliki matahari merah.
  • Tokyo memiliki pemandangan dan tanaman hijau yang menakjubkan, dengan taman, banyak pohon sakura, dan kuil untuk umat Buddha. Keindahan alam ini kontras dengan distrik dan fitur buatan manusia, dengan banyak mesin penjual otomatis, gedung-gedung tinggi, dan distrik Harajuku (tempat asal gaya jalanan Harajuku).
  • Mesin penjual otomatis tersedia di Tokyo setiap 12 meter, tetapi tidak seperti mesin penjual otomatis di tempat lain. Di sini Anda dapat membeli banyak barang berbeda, mulai dari hamburger, es krim, dan bahkan pakaian!
  • Iklim Tokyo dapat sedikit bervariasi, mulai sedingin 1 derajat celsius di bulan-bulan Musim Dingin, hingga suhu setinggi 39 derajat celsius di bulan-bulan musim  panas.
  • Tokyo memiliki 23 distrik metropolitan yang berbeda, semuanya dianggap sebagai kota mini!
  • Persimpangan Shibuya di Tokyo adalah salah satu penyeberangan tersibuk di seluruh dunia, dengan sekitar 2500 orang melintasinya setiap saat.

Secara Budaya

Ilustrasi Tokyo, Jepang.

Photo :
  • Freepik/tzido

Budaya Tokyo sangat beragam dan beragam seperti tradisional dan kontemporer. Tempat ini penuh dengan tempat makan, tradisional dan terkini, dan berbagai pakaian fesyen jalanan yang dikenakan (terutama di distrik Harajuku yang kami sebutkan sebelumnya). Ada banyak kemajuan teknologi, semuanya menawarkan pemandangan alam yang indah untuk melarikan diri dari keramaian.

  • Tokyo memiliki sejarah yang kaya dan perpaduan budaya yang menarik yang memadukan ide-ide modern dan tradisional. Aspek kontemporer Tokyo meliputi budaya anime, elektronik robotik, budaya pop, mode, dan desain kelas atas. Tokyo adalah jantung dari banyak industri yang berkembang pesat dan sangat bagus untuk ekonomi Jepang. Penerbitan adalah industri terkemuka di Tokyo. Banyak perusahaan memiliki kantor pusat di Tokyo, bisnis di bidang manajemen, manufaktur, dan perbankan semuanya populer di Tokyo.
  • Budaya tradisional Tokyo berkaitan dengan sejarah ritual yang dilakukan pada periode Edo. Seperti Kabuki, misalnya. Kabuki dikenal dengan elemen teatrikal dan pertunjukannya yang bergaya.
  • Upacara minum teh, puisi haiku dan banyak lagi membentuk latar belakang budaya Tokyo.
  • Pohon sakura adalah simbol nasional Jepang, dan Tokyo menyelenggarakan festival bunga sakura setiap tahun. Festival ini adalah tentang menghargai keindahan alam sementara.
  • Budaya kuliner di Tokyo memang luar biasa. Ada banyak sekali restoran dan kafe untuk dipilih, menyajikan masakan lokal dan internasional. Tokyo adalah surga pembelanja. Ada banyak department store, butik, dan pasar untuk dijelajahi.
  • Tokyo memiliki kehidupan malam yang semarak, dengan banyak bar, klub, dan restoran buka hingga larut malam.
  • Di Tokyo, orang menyapa dengan membungkuk bukan dengan berjabat tangan. Oleh karena itu, gagal mengembalikan busur tradisional adalah tanda kekasaran. Juga tidak sopan menghitung kembalian setelah tawar-menawar. Mengenakan sepatu tidak disukai di rumah dan kuil sambil membawa hadiah adalah suatu keharusan ketika diundang.

Secara Sejarah

Sejarah Tokyo kaya dan penuh dengan fakta-fakta kecil yang menarik yang akan mengejutkan Anda. Saatnya mempelajari beberapa fakta sejarah tentang Tokyo.

  • Tokyo sebenarnya dimulai sebagai desa nelayan kecil (disebut Edo). Kita semua harus mulai dari suatu tempat!
  • Tokyo hancur karena kebakaran akibat Gempa Besar Kanto pada tahun 1923 di mana 140.000 orang hilang. Tokyo juga rusak parah dalam Perang Dunia Kedua, dan setelah mereka kalah perang, Tokyo dibangun kembali. Pemboman Tokyo antara 1944-5 menewaskan lebih dari 100.000 orang, beberapa bahkan memperkirakan mencapai 200.000.
  • Pada tahun 1962, Tokyo membuat rekor dunia dengan memiliki populasi terbesar di dunia lebih dari 10 juta.
  • Olimpiade Tokyo 1964 mendorong pembangunan gedung-gedung tinggi baru untuk menciptakan kota yang lebih modern dan canggih.

Tempat Menarik untuk Dikunjungi

Ada banyak tempat untuk dikunjungi ketika di Tokyo, jika Anda merencanakan perjalanan Anda berikutnya, pastikan untuk mencatat beberapa tempat yang disebutkan di bagian ini (petunjuk: Disneyland!)

  • Gunung Takao adalah lokasi hiking yang populer, terletak satu jam dari Tokyo dan memiliki lebih dari seribu pohon sakura! Setelah Anda mendaki sampai ke puncak, pengunjung akan disambut oleh taman bir dan toko udon, yum!
  • Tokyo adalah rumah bagi banyak museum dan galeri seni, seperti Museum Nasional Tokyo dan Museum Sumo di mana Anda bisa belajar lebih banyak tentang sejarah Tokyo.
  • Tokyo adalah rumah bagi Disneyland Resort, taman hiburan seluas 115 hektar! Itu sebenarnya Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat, dibuka pada tahun 1983. Mereka bahkan memiliki DisneySea yang sama ajaibnya, dibuka pada tahun 2001.
  • Tokyo memiliki sejumlah taman yang indah untuk dikunjungi, termasuk Shinju Gyoen. Ini adalah salah satu taman terbesar di Tokyo, menampilkan tiga taman terpisah. Memiliki taman lanskap Jepang, taman lanskap Inggris, dan taman lanskap Prancis. Ada pulau, jembatan, kolam, paviliun, dan pepohonan yang menakjubkan, termasuk bunga sakura.

Faka-fakta Lainnya Seputar Tokyo

Tokyo

Photo :

Sistem angkutan massal tersibuk di dunia adalah Tokyo

Pertama kali dioperasikan pada tahun 1927, mengalami ekspansi besar dalam persiapan untuk Olimpiade Musim Panas 1963. Semua 320 kilometer atau 200 mil dari jalurnya melayani setidaknya 8,7 juta komuter setiap hari dan setidaknya 3,2 miliar setiap tahun.

Tokyo Metropolis secara resmi mencakup dua rantai pulau di Samudra Pasifik

Kepulauan Izu dan Kepulauan Ogasawara terpisah dari daratan di lebih dari 1.000 kilometer atau 620 mil. Namun, mereka berada di bawah batas administratif Tokyo.

Persimpangan tersibuk di dunia adalah Shibuya Crossing di Tokyo

Dengan setiap pergantian lampu lalu lintas yang berdenyut, Persimpangan Shibuya mengirim orang dari segala arah ke segala arah. Lebih dari 1000 orang dikatakan menyeberang sekaligus pada waktu puncak

Peron kereta Tokyo memasang lampu LED 'anti-bunuh diri' berwarna biru

Mereka bertujuan untuk mengurangi bunuh diri kereta api yang merajalela di negara ini. Dengan efek menenangkannya, lampu tersebut menurunkan tingkat bunuh diri di stasiun menjadi 84% sejak dipasang.

Tokyo zaman modern dulunya adalah desa nelayan kecil

Pemukim pertama di kota ini berasal dari sekitar 3.000 SM. Pada abad ke-12 adalah benteng pertama Edo, dan pada 1450-an, Kastil Edo mengambil tempat yang sekarang menjadi Istana Kekaisaran.

Tokyo rawan gempa

Dalam operasi pembangunan kembali setelah Perang Dunia II , desain konstruksi memberikan perlindungan yang lebih kuat dalam pertahanan terhadap kemungkinan gempa bumi besar. Gempa ekstrim melanda Tokyo pada tahun 1703, 1782, 1812, 1855, 1923, dan 2011. Pada gempa 1923 saja, sekitar 142.000 orang meninggal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya