Yuk Melek Finansial, Cegah Anak Muda Boros saat Self-Reward

Ilustrasi kartu kredit.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA Lifestyle – Generasi muda kerap melakukan self-reward sebagai bentuk apresiasi diri atas pencapaian yang berhasil diraih, mulai dari yang sederhana hingga terkadang bisa memicu pembelian impulsif yang tidak terkontrol dan tidak seimbang dengan gaya hidup yang dimiliki. Padahal, penting untuk para generasi muda bisa melek finansial agar kelak dapat bijak memprioritaskan kebutuhannya.

Alumninya Jerome Polin, Anak Muda Dikasih Kesempatan Buat Ikut Simulasi Sidang PBB

“Ketika mau memberikan reward untuk diri sendiri, baiknya perlu pemikiran matang apakah masih masuk akal atau tidak, masuk budget atau tidak. Karena, jika hanya karena takut ketinggalan tren, justru akan menimbulkan dampak buruk pada psikologis dan finansial seseorang," ujar Psikolog, Ayank Irma, dalam keterangan pers OVO Card.

Tak heran, anak muda yang memiliki perencanaan finansial buruk dengan bentuk 'self-reward' itu justru bisa memicu dampak kesehatan mental. Banyak yang berdalih ingin pergi liburan atau makan enak tanpa memikirkan keuangan secara jeli dan berakhir dengan berutang besar tanpa menyadarinya.

Ditanya Komika Soal Makan Siang Gratis, Ini Jawaban Gibran Rakabuming

"Akibatnya menjadi stres dan cemas menghadapi situasi yang dihadapi. Untungnya, produk OVO U Card ini mampu mengakomodir kebutuhan akan hal itu, di mana pengguna bebas kelola kartu kreditnya dan lihat histori transaksi langsung dari aplikasi OVO secara real-time, sehingga lebih mudah untuk dilacak dan diatur," kata dia. 

Hasil survei yang dilakukan JakPat Mobile Survey menyebutkan, mayoritas milenial Indonesia sebesar 59 persen, khususnya kelas menengah ke atas lebih menyukai transaksi non-tunai, termasuk kartu kredit. Dan 63 persen milenial mengakui kebutuhan mereka akan kartu kredit, namun sebagian juga menyebutkan kesulitan dalam mendapatkan akses. 

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

Lolita Setyawati, Financial Planner mengungkapkan, untuk self reward berupa materi akan lebih baik jika dibayar secara tunai. Jika kondisinya lebih nyaman membayar dengan kartu kredit atau mungkin ingin memanfaatkan promo yang sedang ditawarkan oleh kartu kredit yang dimiliki, sah-sah saja.

"Asalkan yakin bahwa utang kartu kredit tersebut dapat segera dilunasi saat tagihan datang," tuturnya.

Lolita juga menambahkan tips dalam menggunakan kartu kredit. Terdapat lima trik mudah yang dapat diterapkan generasi muda terkait perencanaan keuangan dengan kartu kredit.

Pertama, batasi hanya untuk transaksi yang nilainya besar atau memang transaksi yang hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit. Lalu, pilih kartu kredit dengan bunga yang relatif rendah dan gratis iuran tahunan. Ketiga, pilih kartu kredit dengan plafon yang sesuai kebutuhan. Plafon kredit yang terlalu tinggi akan membuat tergoda untuk belanja lebih banyak lagi.

Keempat, segera lunasi seluruh jumlah terhutang saat tagihan datang. Jangan hanya membayar tagihan minimum karena akan dikenakan bunga cukup tinggi atas sisa tagihan yang belum terbayar. Terakhir, manfaatkan promo kartu kredit secara bijak. Pastikan hanya untuk hal yang memang dibutuhkan.

Ilustrasi belanja menggunakan kartu kredit.

Photo :

“Gaya hidup kalangan muda yang kian kompleks memunculkan berbagai kebutuhan, termasuk dalam menentukan dan mengatur budget untuk pengeluaran. OVO percaya hadirnya OVO U Card sangat tepat dalam menjawab kebutuhan generasi milenial dan gen z," ujar Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra.

Menanggapi hal ini, dalam mendorong generasi milenial maupun gen z untuk mengelola keuangannya secara mandiri, OVO bersama BRI menghadirkan OVO U Card. Ini sebagai pilihan kartu kredit yang tepat untuk merencanakan prioritas keuangan dengan bijak.

"Menjawab permintaan generasi milenial akan kemudahan akses dalam mengajukan aplikasi kartu kredit, OVO U Card memberikan proses pengajuan hingga pengelolaan riwayat transaksi yang prosesnya 100% digital, langsung dari aplikasi OVO. Terbukti, hanya dalam 6 bulan sejak peluncurannya, sudah ada lebih dari 200 ribu pengguna yang mengajukan kartu kredit OVO U Card,” kata Karaniya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya