3 Gedung Paling Angker di Jakarta, Simpan Kisah Menyeramkan

Menara Saidah
Sumber :
  • Flickr/einnor81

VIVA Lifestyle – Masyarakat kita memang masih erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau legenda, kisah mistis, sejarah sebuah lokasi, termasuk kisah-kisah di dalamnya sangat sulit untuk dilupakan. Biasanya, kisah mengenai hal-hal tersebut akan disampaikan melalui mulut ke mulut sampai menyebar ke seluruh penjuru wilayah. 

Polisi Ungkap Dugaan Penyebab Kebakaran Gedung LBH Jakarta

Bahkan, di tengah hiruk pikuk DKI Jakarta yang sangat modern, masih ada beberapa gedung yang disebut-sebut menyimpan kisah horor dibaliknya. Lebih parah lagi, gedung itu sampai dibiarkan begitu sama hingga saat ini. Padahal letaknya berada di pusat Kota Jakarta sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. 

Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ulasan tentang gedung di Jakarta yang menyimpan kisah mistis seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Gedung LBH Jakarta Kebakaran, Ada Ledakan di Lantai 2

1. Rumah Pondok Indah

Film Rumah Pondok Indah

Photo :
  • kapanlagi.com
Korban Tewas Serangan Teroris di Gedung Konser Moskow Bertambah Jadi 137 Orang

Bukan sebagai gedung yang besar dan tinggi, tapi bangunan yang satu ini juga termasuk ke dalam deretan gedung paling angker di Jakarta. Beberapa tahun lalu bahkan kisah mengenai rumah Pondok Indah ini sempat dijadikan sebuah film. Berada di kawasan Dharmawangsa, konon, rumah ini ditempati oleh sebuah keluarga. 

Selang beberapa waktu, keluarga itu dibantai habis oleh kawanan perampok, dan sejak saat itu rumah tersebut menjadi sangat angker lantaran kerap ditemui hal-hal ganjil. Termasuk cerita tukang nasi goreng yang masuk ke dalam rumah ini dan tak pernah kembali lagi. Sebab itu, banyak orang yang menakuti rumah ini. 

2. Menara Saidah

Menara Saidah

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Saat mencari gedung horor yang menyimpan kisah menyeramkan di Jakarta, gedung yang satu ini pasti langsung muncul di deretan teratas, Sebab gedung yang berada di Jalan MT. Haryono ini memang sangat terkenal sebagai gedung paling angker di Jakarta. Letaknya yang sangat strategis membuat gedung ini sering dilalui sehingga banyak orang yang mengetahuinya. 

Sebelum terbengkalai, gedung mewah ini pernah dipakai sebagai gedung perkantoran pada 2007 silam. Kemudian ditutup dan sama sekali tidak beroperasi sampai saat ini. Konon, gedung ini mempunyai konstruksi yang miring sehingga tidak dipakai lagi. Karena itu, Menara Saidah jadi tempat berkumpulnya makhluk halus dan wanita berbaju merah. 

3. Toko Merah

Toko Merah

Photo :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

Gedung satu ini mungkin tak asing lagi untuk orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya karena memang cukup eye catching dengan warnanya yang merah. Bangunan lawas ini kerap dijadikan sebagai sebuah spot wisata untuk berfoto di kawasan Kota Tua, Jakarta Pusat. Namun, dibalik keunikannya, ada kisah pilu dan menyeramkan. 

Sebab, toko ini menjadi saksi bisu penyiksaan dan pembantaian etnis Tionghoa sebelum akhirnya dijadikan sebagai sebuah toko pada 1851 silam. Dalam bangunan ini sering terdengar suara tangisan, rintihan, dan derap kali layaknya kaki tentara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya