Passion, Penting Buat Emak-emak yang Mau Bangun Bisnis

Ilustrasi perempuan bahagia.
Ilustrasi perempuan bahagia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle - Passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan motivasi, keinginan dan antusiasme. Dalam membangun bisnis, memulainya dengan passion tentu saja sangat penting. 

Hal itu pula yang disampaikan oleh para pemateri saat menggelar acara dialog untuk para perempuan agar saling berbagi kisah dalam membangun usaha. Sebanyak 19 pengusaha perempuan dan 3 pemateri saling berbagi inspirasi dan kunci sukses mereka dalam membangun bisnis. 

Ketiga pemateri merupakan para sosok pengusaha perempuan sukses yaitu Elvina Melati dari brand kebutuhan ibu & anak Elephas, Neysa Valeria dari brand teh Havilla Gourmet Tea dan Mila An'Umillah Zayyanah dari brand hijab Milyarda Hijab.

Para pemateri menekankan pentingnya passion dalam membangun usaha. Ketika usaha adalah sesuatu yang dicintai, pengusaha akan lebih tahan banting dan konsisten ketika membangun usahanya. Hal ini turut dialami oleh Neysa yang merupakan seorang pecinta teh dari kecil. 

"Do things that make your heart sing, itulah prinsip saya dalam menjalankan usaha. Konsistensi dibutuhkan untuk membangun usaha yang sukses. Kita akan tetap konsisten jika usaha yang kita bangun adalah sesuatu yang kita cintai. Jika bukan seorang pencinta teh, saya mungkin sudah menyerah dari dulu ketika jatuh bangun membangun Havila," ujar Neysa saat sesi dialog yang digelar Evermos bersama W20, yang digelar di di Reveuse Resto, Bandung, belum lama ini.

Selain passion, para pembicara juga menekankan pentingnya semangat untuk memberikan kebermanfaatan. Elvina berhasil membangun usaha yang mempekerjakan masyarakat sekitar, Neysa memberdayakan para petani teh agar lebih produktif dan Mila melatih para reseller-nya agar bisa mandiri berjualan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Ketika usaha mampu memberikan kebermanfaatan, hal ini akan mengundang berbagai kebaikan. Selain itu, akan timbul rasa syukur dan semangat untuk terus mengembangkan usaha, karena bisa bermanfaat untuk orang lain. 

Co-Founder Evermos, Iqbal Muslimin mengatakan, bersama W20, Evermos menginisiasi acara dialog eksklusif untuk berbagi kisah dan kunci sukses wirausaha perempuan. Perempuan bisa mengekspresikan hal yang dicintai menjadi usaha yang sukses, yang sekaligus bermanfaat pada masyarakat luas.

"Peran perempuan tidak hanya terbatas dalam urusan rumah tangga, Evermos dan W20 mendukung peran perempuan untuk terus belajar dan bertumbuh bersama dalam membangun usaha," pungkas Iqbal.