3 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Telan 200 Korban Setiap Tahun

Gustave, buaya sungai Nil berusia 60 tahun lebih
Sumber :
  • nationalgeographic.com

VIVA Lifestyle – Ada beberapa sungai paling berbahaya dan mengerikan di dunia yang mungkin belum kamu ketahui. Bahkan, beberapa aliran sungai tersebut sarat akan kisah horor dan cerita mistis yang berkembang di sekitar masyarakatnya. Cerita mistis yang ada dalam lingkup sungai tersebut cenderung lebih pada faktor bahayanya untuk keberlangsungan hidup manusia. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Bahkan, ada beberapa sungai yang dipenuhi dengan predator hewan buas dan ada pula yang mempunyai tingkat kedalaman yang sangat dalam, serta memiliki arus sangat deras. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai sungai paling berbahaya dan mengerikan di dunia seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Sungai Wharff Inggris

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Sungai Tame Inggris

Photo :
  • Flickr/BIG STEPHIE 81

Sungai yang satu ini memiliki reputasi sebagai sungai paling berbahaya dan mengerikan di dunia. Disebut demikian, karena Wharff mempunyai sebuah jurang yang sangat dalam. Sehingga, akan sangat berbahaya untuk siapa saja yang mendekati jurang tersebut. 

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Bahkan, bila ada seseorang yang nekat berenang maka akan langsung tenggelam dan tertelan oleh ganasnya sungai ini. Sebab, di dalam sungai ini ada dua buah terowongan yang sangat sulit untuk dijangkau jika sudah tertelan oleh arus sungai. 

2. Sungai Congo Afrika

Sungai Kongo

Photo :
  • http://asalasah.blogspot.com

Sungai yang satu ini menjadi salah satu sungai yang paling dalam di dunia, bahkan kedalaman sungai ini mencapai 200 meter atau setara dengan 720 kaki. Karena kedalaman tersebut, menjadikan Sungai Congo di Afrika ini tak terjangkau oleh sinar matahari. 

Selain itu, ekosistem yang ada di dalam air sungai ini juga tidak dapat teridentifikasi secara pasti. Sungai paling berbahaya dan mengerikan di dunia ini juga mempunyai sebuah jurang serta air terjun yang sangat tinggi. Hal ini sangat berbahaya bila ada yang ingin melewatinya. 

3. Sungai Nil Afrika

Sungai Nil.

Photo :
  • U-Report

Sungai ini adalah yang sangat panjang dan bahkan terpanjang di dunia yang melewati sebelas negara. Selain memberikan banyak manfaat untuk setiap negara yang dilaluinya, mulai dari pembangkit listrik tenaga air sampai kebutuhan MCK masyarakat sekitar. Tapi, di balik itu semua, Sungai Nil juga menjadi ancaman yang sangat besar untuk masyarakat. 

Sebab, sungai yang satu ini adalah rumah alami untuk banyak predator buas seperti buaya, kuda nil, kobra Mesir sampai black mamba. Buaya di Sungai Nil bahkan menjadi salah satu buaya paling besar dan paling ganas di dunia. Diperkirakan ada 200 orang yang meninggal setiap tahun di sungai Nil karena serangan predator buas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya