Pecinta Bunga, Ini 5 Fakta Menarik Tradisi Hanami di Jepang

Bunga sakura di Korea Selatan
Sumber :
  • Korea Tourism Organization

VIVA Lifestyle – Bunga sakura memang menjadi salah satu ikon dari Jepang yang paling dinanti jadwal mekarnya. Tidak heran jika jumlah wisatawan akan membludak saat jadwal mekarnya bunga sakura tiba.

Diduga Wisatawan Indonesia Rusak Pohon Sakura di Jepang, Netizen: Bikin Malu

Berbicara soal bunga sakura, Jepang memiliki tradisi yang unik dan layak untuk kamu ketahui loh. Hanami adalah tradisi yang biasa dilakukan oleh penduduk Jepang saat bunga sakura mulai bermekaran di seluruh titik di negeri Jepang. Tradisi ini akan membawa penduduk Jepang berpiknik di bawah bunga sakura yang sedang bermekaran.

Nah, penasaran ternyata Hanami ini memiliki deretan faktanya loh. Kali ini Viva mengulas fakta-fakta tradisi Hanami yang dilansir dari berbagi sumber sebagai berikut.

Cerita Melanie Putria Gemar Traveling Secara Spontan

1. Memiliki Arti Flower Viewing

Bunga sakura di Tokyo, Jepang

Photo :
  • Pixabay
Berasa di Jepang, Bunga ‘Sakura’ Bermekaran di Jaksel

Dalam bahasa Inggris, Hanami memiliki arti Flower Viewing, atau yang juga berarti menikmati keindahan bunga sakura. Saat musim semi tiba, maka bunga sakura akan mulai bermekaran, dan menjadikan momen ini sebagai acara untuk tradisi Hanami.

Biasanya tempat-tempat yang menjadi venue dari tradisi Hanami ini akan dipenuhi oleh keluarga atau anak-anak muda.

Kamu juga bisa menikmati berbagai pilihan makanan atau minuman dengan campuran atau mencicipi bunga sakura dari beberapa kios makanan dan minuman. Tradisi Hanami ini sudah ada sejak era Edo, yaitu pada tahun 1603-1867.

2. Piknik di Bawah Bunga Sakura

Indahnya bunga sakura.

Photo :
  • U-Report

Tradisi Hanami di Jepang dilakukan dengan cara berpiknik di bawah pohon sakura. Biasanya, banyak keluarga yang melakukan piknik sambil menikmati makanan atau berbincang-bincang.

Karena akan dipadati pengunjung, maka seluruh masyarakat yang ikut melaksanakan Hanami wajib menghargai dan mematuhi peraturan yang telah dibuat. Seperti tidak merusak batang atau pohon sakura, hingga memperkirakan luas karpet yang dibawa agar tidak mengganggu yang lainnya.

3. Waktu Terbaik Melihat Bunga Sakura

Bunga sakura.

Photo :
  • U-Report

Kamu pasti bertanya-tanya kan mengenai kapan waktu yang tepat untuk menikmati bunga sakura ini? Waktu yang tepat untuk menyaksikan bunga sakura di Jepang adalah pada akhir bulan Maret hingga awal April ya.

Karena pada bulan tersebut bunga sakura sedang mekar dengan sempurna. Tanggal 27 Maret menjadi tanggal yang paling tepat bagi masyarakat Jepang untuk menyaksikan bunga yang indah ini. Jadi, kalau kamu mau datang dan menyaksikan mekarnya bunga sakura dengan sempurna, datanglah di tanggal tersebut.

4. Tempat Terbaik Menikmati Bunga Sakura

Rumah Asakura, Shibuya, Jepang

Photo :
  • RocketNews24

Bukan hanya jadwal yang tepat saja yang perlu diperhatikan. Namun sama halnya dengan tempat yang tepat untuk menyaksikan indahnya bunga sakura yang sedang bermekaran. Jika kamu berada di Tokyo, maka tempat terbaik untuk menyaksikan bunga sakura adalah di Tokyo SkyTree, Chiyoda, Taman Ueno, Taman Nara, atau Sungai Meguro.

Sedangkan jika kamu berada di Osaka, kamu bisa menuju ke beberapa tempat yang pasti. Seperti Kastil Osaka, Taman Kema Sakuranomiya, atau di Temmabashi.

5. Menggantung Lampu Lampion

Festival Lampion di Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Bukan hanya piknik di bawah pohon sakura aja loh yang identik dengan tradisi Hanami. Namun juga ada tradisi menggantung lampion atau yang disebut Yozakura yang termasuk dalam acara tradisi Hanami di Jepang.

Lampion-lampion ini di gantung dekat dengan pohon sakura untuk memberikan pencahayaan bagi siapa saja yang ingin menyaksikan keindahan bunga ini saat malam hari. Ternyata, menyaksikan bunga sakura yang mekar saat malam hari tidak kalah indahnya loh.

Nah, itu deretan tradu Hanami yang berkaitan dengan musim dan tumbuhnya bunga khas Jepang, yaitu Bunga Sakura. Sangat menarik ya? Apakah kamu ingin mengikuti tradisi ini? Siapkan rencana dari jauh-jauh hari ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya