5 Tips Belanja Online Aman dan Menyenangkan

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • readersdigest

VIVA Lifestyle – Bagi warganet di Indonesia, tanggal kembar selalu menjadi momen yang paling dinanti untuk melakukan transaksi belanja secara daring atau belanja online. Tak terkecuali tanggal 11.11 mendatang, netizen '+62' dapat kembali menikmati promo berlimpah, dan penawaran menarik dari beragam merchant.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Belanja online bisa menjadi nyaman, hemat biaya, dan aman—asalkan Anda melakukan tindakan pencegahan tertentu sebelum melakukan pembelian. Berikut 8 tips aman belanja online dilansir dari readersdigest. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

1. Hanya percayai situs web terenkripsi

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Tidak semua situs e-commerce menyediakan kondisi ideal untuk belanja online yang aman. Sangat penting untuk membatasi belanja Anda ke situs web terenkripsi, dan hanya melakukan transaksi saat Anda berada di jaringan WiFi tepercaya. 

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

“Cari simbol gembok di bilah URL, serta di samping nama jaringan WiFi Anda,” saran Satish Kanwar, direktur produk di Shopify.ca. “Mengikuti langkah-langkah ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa informasi pribadi Anda ditransfer dengan cara yang paling aman.”

2. Lindungi informasi pribadi

Adalah normal bagi pengecer online untuk meminta detail dan preferensi tambahan untuk membuat pengalaman belanja online Anda lebih personal. Namun, jika mereka meminta terlalu banyak informasi—seperti nomor asuransi sosial Anda, misalnya—itu jelas merupakan tanda bahaya.

3. Buat kata sandi unik untuk setiap situs web

Hindari menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap situs belanja online yang sering Anda kunjungi. “Dengan begitu, jika informasi login Anda dicuri di satu situs web, akun Anda yang lain kemungkinan tidak akan disusupi,” kata Kanwar.

4. Jangan tergoda harga murah

Kanwar memperingatkan konsumen untuk menganggap label harga obral abad ini dengan dosis skeptisisme yang sehat. “Ketika barang-barang dihargai secara signifikan lebih rendah dari yang seharusnya, itu harus mengangkat bendera tentang legitimasi dan keaslian situs web,” katanya. “Harga rendah memang menggiurkan, tetapi jika terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, biasanya memang begitu.”

5. Cari informasi layanan pelanggan

Situs belanja online yang aman memiliki saluran layanan pelanggan atau alamat email bebas pulsa yang tersedia. Kanwar juga merekomendasikan untuk membaca kebijakan pengembalian dan pertukaran situs web: keterbukaan tentang kondisi ini seringkali merupakan indikator kredibilitas yang baik.

TikTok Shop Shopping Center merupakan fitur terbaru yang dikembangkan oleh TikTok Shop, di mana para pengguna dapat menikmati pengalaman berbelanja yang berbeda dari e-commerce lainnya. Dalam fitur tersebut, pengguna diperkenalkan dengan konsep shoppertainment, di mana para pelaku bisnis dapat menyajikan hiburan (entertainment first) sebelum mengajak pengguna melakukan transaksi di toko mereka (e-commerce second). 

Konsep ini membuka interaksi dua arah secara langsung antara penjual (merchant) dengan pengguna aplikasi (pembeli) untuk memperoleh informasi dan ulasan terkait suatu produk beserta promo spesial yang ditawarkan dalam satu tab 'Shop' di TikTok.

"Dengan mengusung konsep shoppertainment kami ingin membuat pengalaman berbelanja di TikTok Shop Shopping Center menjadi sangat menyenangkan. Pembeli tidak hanya sekadar memilih produk dari beragam merchant yang ada, namun mereka juga terhibur dengan menyaksikan siaran langsung (live streaming) dari berbagai brand yang berjualan dengan cara yang kreatif dan interaktif," kata Perwakilan TikTok Shop Indonesia, dalam keterangannya.

TikTok Shop Shopping Center menyajikan pengalaman berbelanja yang personal bagi penggunanya karena dapat menawarkan produk sesuai minat dan pola kebiasaan. Sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan produk yang cocok dengan harga terbaik. Berbagai keunggulan inilah yang membuat produk yang dijual oleh merchant menjadi sangat laris dalam waktu singkat. 

Seperti yang terjadi pada kampanye 10.10 bulan lalu, Gross Merchandise Value (GMV) atau akumulasi nilai pembelian dari pengguna di TikTok Shop melejit hingga 148 persen, di mana fitur TikTok Shop Shopping Center berkontribusi sebesar 17,7 persen dalam capaian tersebut.

Scarlett Whitening dan Dunia Fashion88, dua brand yang berpartisipasi di TikTok Shop Shopping Center pada kampanye 10.10 lalu turut membagikan pengalaman sukses dan strateginya. 

Di bulan November, untuk memeriahkan kampanye 11.11, TikTok Shop Shopping Center akan menawarkan berbagai promo di mana pengguna bisa mendapatkan harga terbaik dari kategori 3C, seperti Computer/IT, Communication Technology, dan Consumer electronics serta kupon gratis ongkos kirim (ongkir). 

Selain itu, para pengguna akan memiliki kesempatan untuk mengikuti flash sale produk ponsel pintar (smartphone) mulai dari Rp11.000, serta produk elektronik lainnya mulai Rp1.111.

"Kami berharap kampanye 11.11 dalam TikTok Shop Shopping Center juga menjadi momen yang mempererat sinergi antara TikTok Shop dengan para pelaku usaha, terutama brand lokal untuk terus maju dan berkembang bersama," kata Perwakilan TikTok Shop Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya