Mengenal Tradisi Dulangan Pungkasan pada Pernikahan Kaesang dan Erina

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • YouTube VIVA.co.id

VIVA Lifestyle Putra bungsu Presiden Joko Widodo diketahui akan melepas masa lajangnya hari ini Sabtu 10 Desember 2022. Hari ini, Kaesang akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono pada pukul 12.00 di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman Yogyakarta.

Kaesang dan Erina yang sama-sama berasal dari tanah Jawa diketahui menjalani sejumlah prosesi adat Jawa, salah satunya adalah Dulangan pungkasan yang dijalani oleh Kaesang dan Erina. Scroll yuk untuk membaca artikel selengkapnya.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • YouTube VIVA.co.id

Namun berbeda dengan Erina, yang merupakan orang Yogyakarta, Kaesang yang merupakan orang Solo akan menjalani Dulangan Pungkasan setelah prosesi siraman.

"Adat di Yogyakarta (prosesi ini) nempel setelah adat siraman," kata Praktisi Budaya Jawa, Angger Sukisno dalam tayangan Apa Kabar Indonesia Pagi, TvOne, Sabtu 10 Desember 2022.

Di sisi lain, terkait dengan Dulangan pungkasan merupakan ritual atau prosesi suapan terakhir oleh ayah dan ibu kepada calon pengantin. Ini menjadi tanda tanggung jawab terakhir dari orang tua kepada anaknya yang akan menikah.

Halaman Selanjutnya
img_title