Selalu Punya Pikiran untuk Bunuh Diri? Simak, Ini Gejala serta Cara Mengatasinya

Ilustrasi mengapa bunuh diri (unsplash.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Kasus bunuh diri di Indonesia semakin meningkat di beberapa waktu belakangan ini. Bahkan setiap harinya kerap ada saja pemberitaan tentang kasus bunuh diri. Tak dipungkiri, ada berbagai alasan seseorang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya atau bahkan keluarganya sendiri.

Suami yang Mutilasi Istri di Ciamis Coba Bunuh Diri, Sayat Lengan hingga Bentur Kepala ke Tembok

Biasanya penyebabnya itu dilatarbelakangi masalah ekonomi, percintaan hingga pelecehan seksual. Mengutip laman About Islam, National Institute of Mental Health menyebutkan jika kasus bunuh diri juga dilakukan oleh anak-anak berusia antara 10-14 tahun. Termasuk remaja dan orang dewasa antara usia 25-34 tahun, serta 15-24 tahun. 

Lantas, kira-kira apa gejala jika seseorang terus memikirkan ingin bunuh diri serta bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Bom Bunuh Diri di Pakistan Tewaskan 5 Insinyur China, Pelaku Dari Afghanistan

Ilustrasi bunuh diri.

Photo :
  • U-Report

Gejala Bunuh Diri

Profil Fat Cat, Gamer Asal China yang Bunuh Diri Akibat Diputus Cinta

Perlu diketahui bahwa ide bunuh diri tidak sama dengan pikiran untuk bunuh diri. Di mana, ide atau gagasan sendiri itu berarti bahwa seseorang memiliki rencana, seperti mereka memutuskan akan menggunakan obat untuk overdosis dan lokasi. Atau mereka menyembunyikan pisau yang mereka rencanakan untuk digunakan pada diri mereka sendiri.

Pikiran untuk bunuh diri tidak memiliki detail atau jenis rencana apa pun, tentang bagaimana mereka akan melakukannya selain yang mereka pikirkan untuk bunuh diri.

Meskipun keduanya sangat serius, ide bunuh diri membutuhkan tindakan darurat. Jika seseorang mengungkapkan ide bunuh diri kepada, jangan ragu untuk menghubungi konsultan atau bahkan pihak berwenang.

Seseorang dengan keinginan bunuh diri mungkin perlu segera dirawat di rumah sakit, untuk memastikan keselamatannya.  Sedangkan untuk seseorang tanpa ide bunuh diri tidak perlu segera dirawat inap di rumah sakit, tetapi membutuhkan bantuan dan mungkin memerlukan rawat inap tergantung pada situasinya.

Tanda-tanda peringatan bahwa Anda atau orang yang Anda kasihi sedang memikirkan atau berpikir untuk bunuh diri meliputi:

  • Mengisolasi diri dari orang yang Anda cintai
  • Merasa putus asa atau terjebak
  • Berbicara tentang kematian atau bunuh diri
  • Memberikan harta
  • Peningkatan penggunaan atau penyalahgunaan zat
  • Peningkatan perubahan suasana hati, kemarahan, kemarahan, dan / atau lekas marah
  • Terlibat dalam perilaku berisiko seperti menggunakan narkoba atau berhubungan seks tanpa pengaman
  • Mengakses sarana untuk bunuh diri, seperti obat-obatan, narkoba, atau senjata api
  • Bertindak seolah-olah Anda mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang
  • Merasa sangat cemas

Jika menurut Anda orang tersayang sedang memikirkan atau merencanakan bunuh diri, tanyakan atau coba untuk diajak berbicara baik-baik.

Bertanya menunjukkan bahwa Anda peduli dan peduli dengan orang tersebut. Sadarilah bahwa ide bunuh diri pasif, berharap Anda bisa mati dalam tidur Anda atau dalam kecelakaan daripada dengan tangan Anda sendiri, belum tentu kurang serius dari ide bunuh diri aktif. 5 Ini dapat dengan cepat menjadi aktif dan pastinya memiliki perpaduan antara komponen aktif dan pasif.

Penting juga untuk dicatat bahwa pikiran untuk bunuh diri berfluktuasi. Mereka dikenal "naik dan turun", yang berarti bahwa suatu hari pikiran mungkin spesifik, intens, dan gigih, dan di hari berikutnya, mungkin lebih samar dan lebih jarang muncul. 

Namun, selalu penting untuk menganggap serius pemikiran tentang bunuh diri dan mencari bantuan meskipun tampaknya sudah membaik. Jika orang yang Anda cintai mengakui bahwa dia berpikir untuk bunuh diri, lakukan yang terbaik untuk memastikan dia aman.

Berada di sana untuk mereka jika dan ketika mereka membutuhkan Anda. Jika situasinya serius, Anda mungkin perlu melibatkan dokter atau profesional kesehatan mental orang yang Anda kasihi atau mungkin menelepon hotline bunuh diri untuk  meminta nasihat atau bantuan . Terus periksa mereka sampai Anda merasa yakin bahwa mereka dalam keadaan aman lagi.

Penyebab Orang Ingin Bunuh Diri

Ilustrasi bunuh diri.

Photo :
  • U-Report

Banyak faktor berbeda yang dapat berkontribusi pada ide bunuh diri. Seringkali pikiran-pikiran ini muncul ketika Anda merasa putus asa dan lepas kendali dalam hidup Anda dan/atau seperti tidak memiliki arti atau tujuan.

Perasaan ini mungkin disebabkan oleh keadaan seperti masalah hubungan, trauma, penggunaan zat, semacam krisis, tekanan di tempat kerja, masalah kesehatan fisik, atau kesulitan keuangan. Memiliki gangguan kesehatan mental seperti depresi, gangguan bipolar, gangguan stres pascatrauma (PTSD), atau kecemasan juga dapat berkontribusi. 

Ada berbagai faktor risiko untuk ide bunuh diri dan bunuh diri, termasuk

  • Pernah mencoba bunuh diri di masa lalu
  • Memiliki gangguan kesehatan mental
  • Merasa putus asa, terisolasi, dan/atau kesepian
  • Tidak menikah
  • Menjadi gay, lesbian, biseksual, atau transgender
  • Setelah bertugas di militer
  • Memiliki penyakit fisik kronis seperti kanker, diabetes, atau penyakit terminal
  • Mengalami sakit kronis
  • Mengalami cedera otak traumatis
  • Memiliki riwayat keluarga bunuh diri
  • Memiliki gangguan penggunaan narkoba atau alkohol
  • Pernah mengalami pelecehan atau trauma masa kecil
  • Tinggal di daerah pedesaan
  • Memiliki akses ke senjata api

Tindakan untuk Orang yang Ingin Bunuh Diri

Jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri tetapi tidak ada krisis, dokter atau terapis Anda dapat merekomendasikan psikoterapi, pengobatan, dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengurangi risiko bunuh diri.

  1. Psikoterapi , atau terapi bicara, di mana Anda bekerja dengan terapis untuk mengeksplorasi mengapa Anda merasa ingin bunuh diri dan bagaimana cara mengatasinya.
  2. Terapi dan pendidikan keluarga . Melibatkan orang terkasih dalam perawatan dapat membantu mereka lebih memahami apa yang Anda alami, mempelajari tanda-tanda peringatan, dan meningkatkan dinamika keluarga.
  3. Perawatan gangguan penggunaan zat , jika Anda juga mengalami peningkatan penggunaan alkohol atau narkoba.
  4. Perubahan gaya hidup , termasuk mengelola stres, memperbaiki kebiasaan tidur, makan, dan berolahraga, membangun jaringan pendukung yang kuat, dan meluangkan waktu untuk hobi dan minat.
  5. Obat-obatan untuk mengobati depresi yang mendasari yang menyebabkan keinginan bunuh diri Anda . Ini mungkin termasuk antidepresan, obat antipsikotik, atau obat anti-kecemasan.

Jika Anda mulai berpikir untuk bunuh diri setelah minum antidepresan, segera hubungi ahli kesehatan mental Anda. Antidepresan telah dikaitkan dengan peningkatan pikiran untuk bunuh diri.

Risiko Bunuh Diri

Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi apakah seseorang akan menjadi bunuh diri, faktor-faktor tertentu meningkatkan risiko pikiran untuk bunuh diri. Jika seseorang memiliki satu atau lebih dari risiko berikut ini, itu memungkinkan mereka untuk bunuh diri. Apa saja?

  • Memiliki riwayat kekerasan, pelecehan atau, secara umum, rumah disfungsional.
  • Riwayat keluarga dengan gangguan kesehatan mental.
  • Riwayat penyalahgunaan zat berbahaya di rumah.
  • Mengalami trauma yang membuat mereka terluka secara emosional.
  • Upaya sebelumnya untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.
  • Anggota keluarga telah melakukan atau mencoba bunuh diri.
  • Kondisi medis yang mencakup nyeri kronis atau kecacatan.
  • Dilanda depresi terus menerus.
  • Baru mengalami peristiwa besar seperti perceraian, kematian anggota keluarga, kehilangan pekerjaan atau rumah.


Cara Membantu Seseorang yang Ingin Bunuh Diri

Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini atau khawatir tentang seseorang untuk bunuh diri ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif adalah suatu keterampilan: Anda mendengarkan untuk memahami, bukan untuk menanggapi. Jangan menyela saat mereka berbicara, biarkan ia mengatakan semua yang ingin dikatakannya.

Jangan mencoba berdebat dengan mereka, dan hindari penilaian apa pun. Jika Anda mengungkapkan penilaian, mereka cenderung menutup diri dan berhenti berbicara dengan. Bahkan jika Anda tidak setuju dengan apa yang dikatakannya, itu adalah persepsinya, dan berdebat dengannya tidak akan membantu.

Dorong untuk mencari bantuan psikiater

Seseorang yang ingin bunuh diri mungkin merasa enggan atau malu untuk mencari bantuan psikiater. Terutama jika mereka berasal dari budaya keluarga yang tidak memahami bunuh diri. Tapi yakinkan bahwa apa yang ia katakan kepada psikiater dan/atau terapis bersifat rahasia dan di tempat yang aman.

Lakukan pendekatan

Kirim pesan teks atau telepon keesokan harinya untuk mengetahui kabarnya. Ini juga akan meyakinkannya bahwa Anda peduli dengan kehidupannya.

Mendoakannya

Buatlah doa untuk seseorang yang ingin bunuh diri agar tidak melakukannya, dan dorong dirinya untuk mengungkapkan perasaannya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Ingatkan dirinya bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penolong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya