Gerakan 10 Ribu Cinta Teman Hidup, Dukungan Terharap Lansia Indonesia

Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Menurut data Kementerian Kesehatan adan peningkatan jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di Indonesia. Pada 2010 terdapat 18 juta jiwa (7,6 persen) dan meningkat jadi 25,9 juta jiwa (9,7 persen) pada 2019. Jumlahnya diprediksi akan terus meningkat hingga 48,2 juta jiwa (15,8 persen) pada 2035. 
Peningkatan jumlah penduduk lansia menimbulkan konsekuensi yang kompleks. Dibutuhkan suatu program pembangunan kelanjutusiaan yang mampu mengayomi kehidupan lansia di Indonesia. Scroll selanjutnya.

Bersiap, We The Fest 2024 Bukan Hanya Hadirkan Sederet Musisi Ternama

Kondisi kesehatan mereka yang sudah tidak prima perlu perhatian ekstra. Sehubungan dengan hal tersebut, Yayasan Sinar Cerah Empati atau Sincere Foundation (SF) membangun Gerakan 10 Ribu Cinta Teman Hidup. Sebuah program gerakan untuk peduli terhadap kesejahteraan para lansia, terutama lansia yang sakit pasca rumah sakit yang memerlukan perawatan.

Lansia Angkat Beban

Photo :
  • vstory
Lagu Djakarta Digunakan Anies Baswedan hingga Viral, Cecil Yang Bersyukur

“Kondisi yang begitu kompleks bagi para lansia mengetuk kami untuk bergerak melakukan kepedulian terhadap lansia terutama bagi para lansia yang sakit dan memerlukan perawatan lanjutan pasca dari rumah sakit," kata Kikin Is Sugiarno, ketua sekaligus pendiri Sincere Foundation saat jumpa pers secara virtual.

“Oleh karenanya kamu bekerjasama dengan Kanopi Nursing Home menggulirkan aksi sosial Gerakan 10 Ribu Cinta Teman Hidup dimana kami menggalang dana Rp10 ribu untuk dapat digunakan bagi minimal lima orang lansia di Kanopi Nursing Home,” tambahnya.

Ada Lagu Hip-Hop di Planet Venus

Saat ini, ada sekitar 33 lansia yang kondisinya sedang sakit dan dirawat di Kanopi Nursing Home. Sedangkan untuk mereka yang tidak memiliki kemampuan finansial secara penuh, membutuhkan perhatian & uluran tangan dari kita semua melalui donasi Sincere Foundation.

Sementara Andrew Haswin Komisaris Utama Kanopi Nursing Home (KNH) mengatakan, pihaknya merupakan pelopor Nursing Home di Indonesia mendukung penuh Gerakan 10 Ribu Cinta Teman Hidup.

Gerakan 10 Ribu Cinta Teman Hidup

Photo :
  • Tangkapan layar

“Melalui KNH diharapkan para penghuni dapat terjaga kondisi kesehatannya dengan memberikan pendampingan 24 jam oleh tim tenaga perawat & caregiver profesional, pemantauan dokter internal secara berkala, didukung oleh pemberian asupan gizi cukup dan program kegiatan holistik yang menyenangkan sehingga mereka dapat menjalani proses pemulihan dengan bahagia, aman dan nyaman seperti berada di rumah sendiri," kata Andrew.

Tak hanya merawat lansia, mereka juga merawat mereka yang hidup dengan kondisi kesehatan tertentu seperti IPS (Insan Pasca Stroke), ODD (Orang Dengan Demensia), orang dalam masa pemulihan setelah dirawat di rumah sakit sampai dengan orang yang hidup dalam fase akhir masa hidup atau masa terminal. 

Untuk penggalangan dana Gerakan 10 Ribu Cinta Teman Hidup didukung oleh benihbaik yaitu sebuah situs galang dana dan donasi online yang didirikan oleh Andy Flores Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum, dan Firdaus Juli. Saat yang bersamaan, Narakoe akan meluncurkan lagu berjudul Teman Hidup dengan pesan yang menggugah kepedulian antar sesama. 

”Ada empati dan respek bahwa kita tidak selamanya hidup sendiri. Dan lagu ini digunakan juga untuk kepentingan penggalangan dana sosial bersama Kanopi Nursing Home dan Sincere Foundation untuk “Gerakan 10 Ribu Cinta Teman Hidup,” ujar Nara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya