Bukan Cuma Salat dan Puasa, Amalan Ini Sangat Dianjurkan saat Ramadhan

Ilustrasi ramadhan/berdoa.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Tidak terasa, sebentar lagi umat Muslim akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Di bulan yang suci ini, segala amal perbuatan akan dilipatgandakan pahalanya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Maka dari itu, umat Muslim akan berlomba-lomba beribadah lebih banyak lagi ketika Ramadhan. Satu ibadah yang umum dikerjakan adalah berpuasa. Selain itu, salat juga dilakukan sebagai penyempurna ibadah. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Tapi jangan lupa,selain salat, puasa dan membaca Alquran, ada satu amalan lagi yang tak kalah dianjurkan saat Ramadhan, yaitu bersedekah. Allah SWT bahkan menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi siapa pun yang mau bersedekah di bulan Ramadhan. 

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Dalam Alquran, anjuran untuk bersedekah terdapat pada surat Al Hadid ayat 18.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang mulia" (Qs Al Hadid: 18).

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan HR At-Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW pun bahkan menyebut bahwa sedekah di bulan Ramadhan adalah nilai yang paling utama. 

"Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’" (HR At-Tirmidzi).

Hal serupa juga dilakukan oleh Harika Foundation. Jelang Ramadhan, lembaga kemanusiaan itu mengimplementasikan Program Beras Santri untuk beberapa pondok pesantren, salah satunya Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa An Nahla, Subang.

“Alhamdulilah beberapa waktu lalu, kami melakukan silaturahmi dengan Pondok Pesantren An Nahla, Subang, Jawa Barat, sekaligus mendistribusikan 850 kg beras untuk 107 santri di sana menjelang Ramadhan,” ujar Chairman Harika Foundation Syuhelmaidi Syukur, dalam keterangannya, Senin 6 Maret 2023. 

Hal itu dilakukan karena menjelang Ramadhan, harga bahan pokok makanan di pasar mulai bergerak naik. Ia mengutip pernyataan dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) yang mengatakan peningkatan harga biasanya terjadi 15 hari jelang puasa. 

“Kami ingin para santri bisa tenang dan fokus belajar karena kebutuhan pangannya sudah tercukupi,” katanya.

Syuhelmaidi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengukir jejak kebaikan dengan menyediakan paket beras melalui Program Patungan Beras untuk santri yatim dan saudara dhuafa melalui Harika Foundation. 

“An Nahla bukan pondok pesantren terakhir untuk implementasi program beras ini, target kami ke depan yaitu bisa menyalurkan bantuan ini ke Pondok Pesantren Yama Yayasan Mukhtarul 'Adalah Bogor dengan total keseluruhan sejumlah 1,5 ton beras,” tambah Syuhelmaidi. 

Program ini akan dilakukan secara periodik, lanjut Syuhelmaidi. Jadi, menurutnya, ini adalah saatnya seluruh pihak ikut berperan.

Pondok Pesantren An Nahla sendiri merupakan salah satu pondok pesantren yatim dan dhuafa di Subang yang berdiri pada 2000 sebagai wadah penyantun anak yatim dan dhuafa dengan biaya pendidikan dan pesantren gratis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya