Cerita 2 Balerina Muda, Siap Harumkan Nama Indonesia di Amerika

Ellaina Josephine Yudiantyo dan Eva Julia Sutanto
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Sebuah prestasi ditorehkan oleh dua orang sahabat Ellaina Josephine Yudiantyo dan Eva Julia Sutanto. Di usia yang masih belia, yakni 10 tahun, mereka mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi ballet tingkat Internasional bertajuk Youth America Grand Prix (YAGP) pada 3 sampai 9 April 2023.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Youth America Grand Prix merupakan program beasiswa sekaligus kompetisi balet tingkat pelajar internasional terbesar di dunia dengan kriteria usia 9 sampai 19 tahun. Setiap tahun YAGP mengadakan audisi regional di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, dengan Babak Final berlangsung setiap bulan April. Scroll lebih lanjut ya.

Ellaina dan Eva sudah melakukan persiapan sejak pertengahan tahun 2021 di bawah bimbingan team pengajar dari Marlupi Dance Academy. Kemudian pada Oktober 2022 mereka berhasil mendapatkan 1st place Duo/Trio, 2nd Place Pre-Competitive Classical (Ellaina) dan Top 12 Pre-Competitive Classical dan Contemporary (Eva) di ajang tersebut. Setelahnya, mereka bersama 8 orang murid Marlupi Dance Academy lainnya mendapatkan undangan untuk mengikuti YAGP Finals.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Pada YAGP Finals nanti, Ellaina dan Eva akan membawakan tarian duo Yin-Yang, hasil koreografi dari Mr Michael Halim dan Ms Rita Rettasari Tjhai. Selain itu, masingmasing juga akan menarikan satu tarian ballet dan satu tarian contemporary di ajang  tersebut. 

Sosok Jenderal Termuda di Lingkungan Polri, Raih Bintang Satu Saat Berusia 45 Tahun

Menjadi perwakilan Indonesia di ajang kompetisi ballet tingkat dunia, Ellaina dan Eva mengaku bangga. Keduanya sepakat hal tersebut adalah salah satu jalan untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional sekaligus meretas mimpi untuk menjadi balerina profesional ke depannya.

"Aku ingin terus mengembangkan bakat dan talenta dan menjadi professional ballerina Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di seluruh dunia," kata Ellaina melalui keterangan tertulisnya.

"Eva ingin menjadi professional ballerina Indonesia yang bisa membawa nama Indonesia ke kancah dunia. Atas bimbingan team pengajar Marlupi Dance Academy, Eva juga berhasil mendapatkan full tuitions scholarship di Academy Russian Ballet Virginia, USA yang akan dimulai pada bulan Agustus 2023," sambung Eva Julia Sutanto. 

Ellaina Josephine Yudiantyo dan Eva Julia Sutanto

Photo :
  • ist

Keduanya sudah menekuni balet sejak kecil di Marlupi Dance Academy, kemudian mengikuti Part-Time-Program (program pelatihan intensif untuk anak-anak yang ingin mengikuti ballet secara kompetitif). Ellaina dan Eva awalnya mengikuti les balet hanya sebagai aktivitas tambahan setelah sekolah. 

Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan tambahan tersebut berubah menjadi kecintaan yang besar. Eva dan Ellaina mengaku mencintai tarian balet karena gerakannya yang graceful yet strong. 

"Gerakan-gerakan ballet yang against gravity ini memberikan tantangan tersendiri untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan menjadi lebih baik dari hari ke hari," katanya. 

Selain sukses menjadi perwakilan Indonesia di kompetisi balet bergengsi tingkat dunia, Eva dan Ellaina juga sudah menorehkan berbagai prestasi membanggakan di berbagai kompetisi bergengsi tingkat nasional maupun internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya