7 Negara Paling Religius di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Ilustrasi agama dan keberagaman
Sumber :
  • Freepik: macrovector_official

Jakarta – Agama memiliki pengaruh dahsyat yang telah membentuk masyarakat dan memengaruhi kehidupan manusia selama berabad-abad. Terdapat ratusan jenis kepercayaan dan agama yang digunakan di seluruh dunia.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Berdasarkan survei komprehensif yang dilakukan oleh majalah CEOWORLD dan Institut Kebijakan Bisnis Global 2022, diukurlah tingkat keagamaan dari 148 negara. Dan hasilnya sepuluh negara berikut mendapat julukan sebagai negara paling religius di dunia. Penasaran? Berikut daftar negara paling religius di dunia, apakah ada Indonesia?

Ilustrasi agama

Photo :
  • vstory
Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

1. Somalia

Peringkat pertama diduduki oleh Somalia. Somalia adalah tanah dengan latar belakang spiritual yang epik, dengan agama tradisional Afrika, Islam, dan Kristen, semuanya meninggalkan jejak di negara itu.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Islam telah memainkan peran penting di Somalia sejak abad ke-7. Bahkan Somalia adalah salah satu daerah yang pertama memeluk Islam. Islam menyebar dengan cepat ke seluruh Jazirah Arab. Bukan hanya itu saja, Somalia menjadi pusat pembelajaran penting bagi dunia Muslim.

Agama tradisional Afrika juga telah berakar di Somalia dengan banyak orang terus menguras tradisi ini bersama Islam. agama sendiri baru tiba di Somalia pada abad ke-12, tetapi agama ini menjadi agama minoritas di negara tersebut.

2. Republik Niger

Niger adalah negara mayoritas Muslim dengan mayoritas penduduknya beragama Islam Sunni. Asal-usul Islam di Niger diperkirakan terjadi pada abad ke-15 ketika agama tersebut diperkenalkan ke wilayah tersebut melalui penyebaran kekaisaran Songhai.

Islam menyebar dengan cepat ke seluruh Niger dan akhirnya menjadi agama dominan di negara tersebut. Negara ini juga merupakan rumah bagi beragam kelompok etnis dengan masing-masing etnis memiliki adat dan tradisi yang unik. Bahasa resmi Niger adalah bahasa Prancis, tetapi ada juga sejumlah bahasa lokal yang digunakan di seluruh negeri.

3. Bangladesh

Suku Mandi di Bangladesh

Photo :
  • tvonenews.com

Bangladesh menduduki peringkat ketiga sebagai negara paling religius di dunia. Bangladesh terkenal sebagai tanah dengan sejarah spiritual yang panjang dan beragam, mulai dari Hindu, Budha, Islam, dan Kristen.

Agama Buddha dan Hindu masuk pada abad ke-3, dibawa oleh para pedagang dari India dan Cina. Mereka dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan kelas penguasa dan menyebar ke seluruh negeri.

Hal ini dibuktikan dengan pembangunan kuil dan biara yang menakjubkan. Tradisi keagamaan ini telah memainkan peran penting dalam membentuk identitas budaya dan spiritual Bangladesh dan terus memengaruhi negara tersebut hingga saat ini.

Islam sendiri masuk ke Bangladesh pada abad ke-6 dengan kedatangan para pedagang Muslim dari Timur Tengah. Dan secara bertahap menyebar dan akhirnya menjadi agama yang dominan di Bangladesh.

Orang Eropa juga meninggalkan jejak mereka di lanskap keagamaan Bangladesh, memperkenalkan agama Kristen ke negara tersebut pada abad ke-16.

4. Etiopia

Danakil, Etiopia

Photo :
  • pixabay

Ethiopia adalah negara Afrika yang diidentifikasi sebagai Kristen. Menurut tradisi Ethiopia, masuknya agama Kristen ke kekaisaran Aksum dimulai pada abad ke-4 Masehi ketika seorang misionaris berbahasa Yunani bernama Frumentius mengkristenkan Raja Ezana.

Peristiwa inilah yang menandai awal dari sejarah panjang Kekristenan di Ethiopia. Kristen pun menjadi bagian integral dari identitas budaya dan spiritual negara tersebut.

Frumentius sekarang dihormati sebagai orang suci di Gereja Ortodoks Ethiopia, yang telah memainkan peran penting dalam mempertahankan dan mempromosikan iman Kristen di negara tersebut selama berabad-abad.

Islam juga memiliki sejarah panjang di Ethiopia dengan komunitas Muslim yang pertama kali diyakini telah tiba di wilayah tersebut sejak abad ke-7. Meskipun Islam menjadi agama minoritas di Ethiopia, Islam cukup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap budaya dan sejarah negara tersebut.

Yaman merupakan negara dengan sejarah spiritual yang menarik yang mendapat pengaruh dari Yudaisme, Kristen, dan Islam. Islam telah memainkan peran penting di Yaman sejak abad ke-7 Masehi, ketika Nabi Muhammad mengirim menantunya untuk menjadi gubernur Yaman.

Dari sana, Islam pun cepat menyebar ke seluruh Jazirah Arab. Selain itu, Yaman menjadi pusat pembelajaran dan beasiswa penting bagi dunia Muslim.

Yudaisme juga memiliki akar yang dalam di Yaman dengan komunitas Yahudi yang diyakini pertama kali telah tiba di wilayah tersebut sejak abad ke-3. agamanya tiba di Yaman pada abad ke-6, tetapi tetap menjadi agama minoritas di negara tersebut

6.Malawi

Ilustrasi Sholat

Photo :
  • Sholat Tahajud

Mungkin Anda masing-masing asing dengan negara yang satu ini, namun Malawi adalah tanah dengan warisan spiritual yang beragam dengan agama tradisional Afrika, Kristen, dan Islam semuanya berperan dalam membentuk budaya dan sejarah negara.

Selama berabad-abad, Malawi telah menjadi rumah bagi campuran agama tradisional Afrika yang semarak dengan agama lain. Kebiasaan dibawa ke negara itu oleh misionaris Eropa pada abad ke-19 dan sejak itu menjadi agama dominan di Malawi dengan mayoritas penduduk mengidentifikasi diri sebagai Kristen.

Islam juga memiliki sejarah panjang di Malawi yang dimulai dengan kedatangan pedagang Muslim di pantai Afrika Timur pada abad ke-15.

7. Indonesia

Ilustrasi agama Indonesia

Photo :
  • vstory

Indonesia menduduki negara ketujuh sebagai negara paling religius di dunia. Indonesia memang terkenal dengan sejarah spiritual yang kaya yang dibuktikan dengan cukup banyaknya agama yang diakui Indonesia. Dimulai dari Agama Hindu, Buddha, Islam, Katolik, Konghucu, dan Kristen.

Jauh di abad ke-1 dan ke-2 Masehi, agama Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia melalui perjalanan para pedagang dari India dan Cina. Agama-agama ini menjadi populer di kalangan elit dan menyebar ke seluruh pulau.

Islam sendiri diperkirakan baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 oleh pengaruh pedagang Muslim dari Timur Tengah. Secara bertahap, Islam pun memperoleh pijakan di seluruh tempat dan akhirnya menjadi agama yang dominan di banyak bagian Indonesia.

Orang-orang Eropa juga meninggalkan jejak dengan memperkenalkan agama Kristen ke Indonesia pada abad ke-16. Saat ini, Indonesia adalah rumah bagi campuran tradisi spiritual yang hidup dengan mayoritas penduduk mengidentifikasi diri sebagai Muslim, diikuti oleh Hindu, Buddha, dan Kristen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya