Kewirausahaan Berkembang Pesat di Program KBA Cengkeh Turi Binjai

KBA Cengkeh Turi Binjai
Sumber :
  • Istimewa

Binjai – Kampung Cengkeh Turi di Binjai saat ini menerapkan program kontribusi sosial berkelanjutan ASTRA, yang mencakup empat pilar utama: pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Dari empat pilar tersebut, hanya dua pilar yang sudah berkembang di Kampung Cengkeh Turi, yaitu pilar kewirausahaan atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta pilar pendidikan.

KBA Cengkeh Turi Binjai

Photo :
  • Istimewa

Meskipun baru dua pilar yang ada, Kampung Cengkeh Turi sudah berhasil mencapai status bintang tiga. Astra berkomitmen untuk terus meningkatkan kriteria kampung ini menuju status bintang lima. Untuk mencapai hal ini, partisipasi aktif dan keterbukaan warga dalam pengembangan pribadi dan lingkungan mereka sangat penting.

Salah satu bidang yang memerlukan perhatian adalah kesehatan. Kampung ini masih membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai, termasuk dokter dan ruang periksa kesehatan. Di bidang lingkungan, kegiatan berkebun hydroponik dan pemeliharaan apotik hidup terus ditingkatkan.

Jika perkembangan ini berjalan dengan baik, Kampung Cengkeh Turi diharapkan dapat mencapai status bintang lima dalam beberapa tahun mendatang.

Setelah berhasil di Kampung Cengkeh Turi, Astra berencana mencari kampung lain untuk mengimplementasikan program serupa. Pada tahun ini, Astra juga mengagendakan berbagai program seperti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL), Hydroponik, dan Pemanfaatan Sampah.

KBA Cengkeh Turi Binjai

Photo :
  • Istimewa

Program Kampung Berseri Astra tidak hanya memengaruhi kesehatan warga, tetapi juga lingkungan, anak-anak, dan perekonomian mereka. Warga Kampung Cengkeh Turi semakin termotivasi untuk mandiri dan maju karena perhatian yang diberikan oleh Astra. Jika empat pilar program ini tercapai, Kampung Cengkeh Turi dapat dijadikan contoh bagi kampung-kampung lain di Indonesia.

Dalam proses pengembangannya, ada lima jenis Kampung Berseri Astra, yaitu kampung wisata, kampung hijau, kampung produktif, kampung cyber, dan kampung budaya. Kampung Cengkeh Turi termasuk dalam kategori Kampung Berseri Astra Produktif, yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup melalui berbagai aktivitas produktif.

Astra terus memberikan pelatihan kepada warga Kampung Cengkeh Turi setiap dua bulan sekali. Pelatihan ini mencakup berbagai keterampilan, seperti pemasaran online, manajemen UMKM, dan pengemasan produk UMKM. Warga melaporkan peningkatan kesejahteraan dan kemandirian mereka berkat dukungan Astra.

Pada pilar kesehatan, Kampung Cengkeh Turi masih membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai, termasuk dokter dan ruang periksa kesehatan. Meskipun telah ada beberapa fasilitas, seperti alat timbangan dan tempat tidur, masih diperlukan peningkatan. Kader kesehatan yang dilatih oleh puskesmas juga aktif dalam memberikan layanan kesehatan kepada warga.

KBA Cengkeh Turi Binjai

Photo :
  • Istimewa

Pilar lingkungan diperkuat melalui penanaman tanaman hydroponik di setiap rumah warga dan pendirian apotek hidup. Tanaman hydroponik tidak hanya menjadi sumber makanan bagi warga tetapi juga sumber pendapatan karena dapat dijual. Apotek hidup berisi berbagai tanaman obat alami yang bermanfaat bagi kesehatan warga.

Di bidang kewirausahaan, beberapa warga seperti Siti Nurbaya Sianturi telah berhasil mengembangkan usaha mereka.

Siti Nurbaya awalnya menjalankan Smock Jepang tetapi kemudian beralih ke kerajinan tangan dari plastik, yang berkembang pesat dan diekspor ke luar negeri berkat dukungan dari Astra. Di kampung ini juga telah terbentuk koperasi simpan pinjam yang membantu warga dalam situasi darurat dan keuangan.

Pilar pendidikan diperkuat dengan dukungan Astra pada beberapa sekolah SD yang mencakup berbagai program seperti kolam, apotek hidup, green house, kompos, dan bank sampah. Semua ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan ekonomi.

ilustrasi Media sosial.

Menyongsong Revolusi Pendidikan, Workshop Daring tentang Etika dan Budaya Digital

. Melalui pendidikan karakter di era digital, harapannya adalah agar Generasi Z dapat berkembang menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, jujur, dan menghargai.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024