Geger Wanita Ini Hanya Butuh 40 Detik untuk Melahirkan, Kok Bisa?

Ilustrasi melahirkan bayi.
Sumber :
  • Pixabay.com/cynthia_groth

VIVA Lifestyle – Seorang ibu di Philadelphia, AS menceritakan pengalamannya melahirkan hanya dalam waktu 40 detik. Ia menuturkan bahwa bayinya langsung keluar bahkan tanpa ibu tersebut harus mengeden atau mengejang.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Dilansir dari Daily Mail, Rabu, 15 November 2023, Cianna Gonzales yang berusia 24 tahun itu menuturkan bahwa ia mengalami proses persalinan selama tiga jam, namun proses kelahiran anaknya berjalan dengan sangat cepat. Momen tersebut terjadi pada 8 Agustus 2022 ketika melahirkan anak keduanya.

Ilustrasi Ibu hamil

Photo :
  • inmagine.com
Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

"Saya merasakan dia mulai turun, terus saya berteriak 'dia datang'. Bayi saya dikeluarkan sepenuhnya secara sukarela. Saya tidak perlu mendorongnya keluar. Dia keluar sendiri," cerita Cianna.

Awalnya Cianna sedang hamil 38 minggu dan ia mulai mengalami apa yang ia pikir dengan kontraksi Braxton-Hicks, atau nyeri persalinan palsu. Ia lantas menghubungi pusat bersalin dan tim medis mengatakan bahwa ia sebenarnya sedang melahirkan.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Cianna saat itu sedang berada di kolam bersalin saat ia tiba-tiba merasakan bayinya akan lahir. Ia mencoba keluar dari bak untuk melahirkan namun ia sadar tidak memiliki cukup waktu.

Bidan berhasil mengangkat putranya saat bayinya keluar pada 10.35 pagi. Bayi tersebut nampak sehat dengan berat 7 pon atau setara dengan 3,2 kg.

Mudahnya proses melahirkan Cianna dipicu oleh sebuah kelainan medis yang dikenal dengan refleks ferguson atau refleks ejeksi janin. Fenomena tersebut terjadi ketika tubuh mengeluarkan bayi tanpa sadar akibat peningkatan oksitosin yang memicu kontraksi kuat.

Ilustrasi Kehamilan

Photo :
  • Pixabay/ ekseaborn0

Menurut Healthline, kondisi tersebut dapat terjadi ketika ibu merasa aman dan didukung. Hal itu juga lebih sering terjadi pada persalinan di rumah.

Cianna menuturkan bahwa ia tidak mengalami kejadian serupa ketika melahirkan anak pertamanya pada 2021. Namun, ia menuturkan keseluruhannya berjalan dengan sangat aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya