Amalan Baik Pada Malam Nisfu Syaban yang Jatuh Pada 24 Februari

Ilustrasi mengaji.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Malam Nisfu Sya'ban adalah salah satu momen penting dalam ajaran Islam yang jatuh pada pertengahan bulan Sya'ban dalam kalender Islam. Umat Islam percaya bahwa malam ini memiliki makna spiritual yang signifikan.

Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Ramadan 1 Kali Lebaran dalam Setahun

Shalat malam, dzikir, doa, dan membaca Al-Quran adalah amal yang sangat ditekankan untuk memperoleh berbagai keutamaan.

Ilustrasi mengaji.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Bukan di Timur Tengah, Ini Negara yang 100 Persen Penduduknya Adalah Muslim

Dalam Islam, amalan-amalan yang dilakukan pada Malam Nisfu Sya’ban memiliki keutamaan khusus karena dianggap sebagai malam di mana Allah SWT menentukan takdir orang-orang untuk tahun yang akan datang. 

Oleh karena itu, dipercaya bahwa ada banyak pahala dalam berbagai amalan yang dilakukan pada malam tersebut.

Dari Kristen ke Buddha, Akhirnya Marcell Siahaan Temukan Ketenangan di Islam

Dilansir pada Badan Amil Zakat Nasional pada Sabtu 24 Februari 2024, malam Nisfu Syaban 2024 atau malam Nisfu Syaban 1445 Hijriah jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024 hingga Minggu 25 Februari 2024. Nama Arabnya adalah Nisfu Syaban. Menyambut datangnya bulan Ramadhan, Nisfu Syaban adalah peringatan bagi umat Islam untuk meningkatkan amalan dan ibadah mereka. 

Pada malam Nisfu Syaban, para ulama menyarankan untuk melakukan hal-hal berikut:

1. Meningkatkan jumlah sholat sunnah seperti Tahajud dan Witir

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syaban adalah shalat malam atau tahajud. Shalat malam adalah bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam karena pada saat itu langit sunyi, jiwa tenang, dan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. 

Melalui shalat malam, seseorang dapat mendekatkan diri pada-Nya, meminta ampunan-Nya, dan meminta berbagai kebaikan untuk diri mereka sendiri dan umat mereka.

2. Membaca Al-Quran atau Surat Yasin Tiga Kali

Selain shalat malam, membaca Al-Quran pada malam Nisfu Syaban adalah amalan yang sangat dianjurkan. Ini dianggap sebagai cara untuk mengingat Allah dan memperoleh berbagai keutamaan. 

Al-Quran memberikan petunjuk bagi umat Islam, dan membacanya dengan penuh kekhusyukan pada malam Nisfu Syaban akan menghasilkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

3. Meningkatkan doa dan dzikir, khususnya shalawat dan istighfar

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syaban adalah dzikir dan doa. Mereka adalah cara untuk mengingat Allah, meminta perlindungan dan petunjuk-Nya dalam menjalani hidup mereka, dan mereka dapat memperoleh keberkahan, ampunan, dan berbagai kebaikan dari Allah SWT.

Ilustrasi umat Islam yang tengah mengaji.

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Dengan melakukan berbagai amalan pada malam Nisfu Syaban, seseorang dapat memperoleh banyak keutamaan dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan malam Nisfu Syaban dengan sebaik mungkin untuk mendekatkan diri pada Allah dan memperoleh banyak kebaikan dan keberkahan selama hidup kita. Insya Allah, bishawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya