Kisah Inspiratif Pelaku UMKM Lokal Jualan Lewat TikTok, Bisa Beli Tanah Hingga Umrah

Umkm Lokal
Sumber :
  • TikTok

VIVA Lifestyle – Di tengah arus globalisasi yang membuat batas antarnegara semakin tidak terasa, batik, sebagai warisan budaya Indonesia, terus menunjukkan ketahanannya dalam mempertahankan identitas nasional.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Batik tidak hanya menjadi pakaian tradisional, melainkan juga simbol dari kekayaan budaya yang kini telah berhasil menarik perhatian pasar global. Peluang ini diperkuat oleh kemajuan teknologi dan media sosial yang membuka jalan bagi pelaku usaha lokal untuk mengangkat batik ke panggung internasional.

Salah satu yang berhasil adalah Putri Ajeng Bekti Pertiwi, pendiri Kencana Putri Batik, menjadi contoh nyata bagaimana kecintaan terhadap produk lokal dapat bertransformasi meraih kesuksesan bisnis di era digital.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Jualan di TikTok

Photo :
  • TikTok

Dari semua platform digital yang ada, Kencana Putri Batik  memilih TikTok pada tahun 2021 untuk mendukung bisnisnya karena tertarik melihat tingginya interaksi dan potensi besar yang ditawarkan platform ini, dan sangat cocok untuk menjadi tempat promosi produknya.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Awalnya, Putri mencoba membuat konten video di TikTok, yang ternyata dengan cepat dapat tampil di For You Page (FYP) TikTok. Momentum ini menjadi titik balik Putri untuk serius menggarap platform ini sebagai sarana utama dalam membangun bisnisnya.

Berbekal smartphone dan koneksi internet, Putri memulai strategi pemasaran yang mengedepankan konten-konten interaktif dan sesi live yang dilakukan secara rutin. Hal inilah yang membantu Kencana Putri Batik untuk menjangkau audiens yang lebih luas, sekaligus memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengenal lebih dekat keunikan produk Kencana Putri Batik yang juga berkualitas tinggi.

Keberhasilan ini terjadi bukan tanpa dukungan semata. Komunitas TikTok, yang dikenal dengan interaksi organiknya, berperan penting dalam meningkatkan visibilitas produk-produk miliknya. Testimoni positif dari pengguna menjadi salah satu kunci peningkatan penjualan yang signifikan.

Umkm lokal

Photo :

Dalam waktu singkat, Putri berhasil merasakan dampak nyata dari keberanian berinovasi di platform digital, diawali dengan mendapatkan omset penjualan yang meningkat drastis yang membuatnya merasakan langsung manfaatnya secara pribadi dari mulai dapat membeli tanah, mengumrahkan kedua orang tua, hingga manfaat yang ia berikan kepada orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan bagi puluhan penjahit dan karyawan.

"Saya sangat merasa dukungan dari TikTok dalam mendampingi pengusaha kecil seperti kami untuk bisa menuju kesuksesan. Apalagi ketika fitur belanja yang kembali lagi akhir tahun lalu, penjualan kami meningkat pesat di momen Belanja Lokal 12.12.

Saya tidak menyangka berjualan secara live atau membuat konten video saja sudah sangat memberikan banyak manfaat positif bagi kehidupan saya dan juga turut berdampak ke orang-orang sekitar saya," jelas Putri Ajeng Bekti Pertiwi.

Lebih lanjut, Putri menambahkan bahwa dukungan TikTok melalui berbagai program pelatihan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan telah sangat membantunya untuk membuat bisnisnya terus bertumbuh.

Konsistensi yang dilakukan dalam melakukan sesi live setiap hari dari pukul 07.00 pagi hingga 22.00 malam menjadi bagian dari strategi untuk mengoptimalkan usahanya. Kencana Putri Batik berpesan kepada para pelaku usaha lokal lainnya adalah bahwa dengan kerja keras, konsistensi, dan strategi yang tepat, siapa pun dapat meraih mimpi dan memberikan manfaat bagi banyak orang asalkan mau bereksplorasi dan belajar, salah satunya melalui platform TikTok.

Bersama dengan Shop | Tokopedia, Kencana Putri Batik berhasil meningkatkan penjualannya hampir 4 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini berhasil diraih melalui berbagai strategi dengan memberikan diskon hingga 50% dan berbagai hadiah gratis untuk pelanggannya.

Selain itu, mereka juga memperpanjang durasi siaran langsung pada pltaform TikTok hingga dua kali lipat lamanya selama masa periode kampanye ini dan memperbanyak unggahan video hingga mencapai 25 video pada akun TikTok untuk membantu meningkatkan strategi penjualnnya.

Kisah Kencana Putri Batik tidak hanya membuktikan bahwa dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, produk seperti batik yang merupakan salah satu simbol budaya Indonesia dapat terus berkembang dan bersaing di pasar global.

Ini juga merupakan bukti nyata bahwa inovasi dan adaptasi terhadap tren digital dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi pelaku usaha lokal menghubungkan warisan budaya dengan pasar modern.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya