Ketika Sampah Disulap Jadi Instalasi Karya Seni Berkelas

Attina Nuraini dan Evan Driyananda
Sumber :
  • Kiehls

JAKARTA – Sampah menjadi masalah yang seringkali dianggap sudah tak berguna dan merusak lingkungan. Tapi siapa sangka, jika dikelola dengan baik, sampah bisa juga menjadi barang berharga bahkan bisa jadi karya seni berkelas. Seperti yang dilakukan Kiehl's, farmasi asal kota New York yang menjadikan sampah jadi instalasi seni dari sampah lewat kampanyenya, Kiehl's Subway.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Dengan kesuksesan kampanye Kiehl’s Subway tahun lalu, Kiehl’s Indonesia kembali menghadirkan kampanye terbaru yang mengusung konsep “Trash to Art” di Mall Senayan City hingga 3 Maret 2024. 

Dengan berbagai elemen unik khas New York, pengunjung diajak untuk menikmati perpaduan seru antara skincare, kreativitas dan komitmen Kiehl’s dalam sustainability melalui rangkaian acara interaktif dan instalasi seni dari sampah yang digunakan kembali karya seniman dan talenta muda Indonesia.  

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

“Trash to Art” Gallery, Instalasi Seni Karya Seniman Muda Indonesia dikemas dengan aktivasi yang kreatif

Kiehls Subway Trash To Art

Photo :
  • Kiehls
Berburu Cuan Lewat Gajian

Kiehl’s memberikan inspirasi untuk memperpanjang masa hidup sampah dengan digunakan kembali atau didaur ulang, seperti mengubah menjadi karya seni yang diperlihatkan di Kiehl’s Subway: Trash to Art. 

Dalam aktivasi ini, Kiehl’s telah bekerja sama dengan seniman lokal Indonesia dan mahasiswa untuk menciptakan karya instalasi seni yang terbuat dari kemasan kosong, dari para pengguna Kiehl’s yang telah turut mengumpulkan kembali kemasan kosong mereka untuk bumi yang lebih baik. 

Seniman muda Indonesia, Evan Driyananda dan Attina Nuraini yang bergabung dalam ReExp Studio menciptakan instalasi berbentuk pesawat, terinspirasi dari karakter playful khas mereka dan spirit Kiehl’s yang fearless dan edgy. 

Attina Nuraini dan Evan Driyananda

Photo :
  • Kiehls

Sementara, Diella Maharanie menciptakan karya seni dengan judul “Bloom’s Garden”, instalasi seperti taman imaginatif yang disusun menggunakan materi daur ulang dan botol-botol Kiehl’s. 

Diela Maharanie dengan karya seni berjudul Blooms Garden

Photo :
  • Kiehls

Tidak hanya itu, para mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia turut berpartisipasi melalui Art Competition, dan siap mengejutkan para pengunjung dengan kreasi-kreasi seni mereka, turning trash to art. 
Semua pengunjung diajak untuk memilih karya seni favorit mereka untuk menentukan pemenang. Selain berbagai karya seni ikonik dari generasi muda Indonesia, elemen-elemen dalam aktivasi juga dibuat dengan hanya menggunakan bahan daur ulang dan ramah lingkungan.

Kiehl’s komitmen dalam sustainability

Kiehl’s Mission Renewal merupakan komitmen brand dalam sustainability untuk membantu menjaga bumi yang lebih sehat untuk generasi-generasi mendatang. Dengan menempatkan sustainability dalam seluruh proses, Kiehl’s memiliki tiga misi utama yaitu replenish resources dengan memastikan sumber daya alam yang digunakan dalam formulasi diolah dengan bertanggung jawab; design out waste yaitu komitmen untuk mengemas produk dengan reusable, refillable or made of recycled materials; serta empower community dengan memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk mengambil bagian untuk mengurangi dampak pada lingkungan. 

“Sebagai bagian dari upaya keberlanjutan, Kiehl’s berkolaborasi dengan Rekosistem sebagai mitra pengolahan sampah dalam program Recycle and Be Rewarded. Melalui program ini, Kiehl’s mengajak seluruh skincare enthusiasts untuk mengumpulkan dan mendaur ulang kemasan bekas mereka di seluruh butik Kiehl’s yang tersebar di Indonesia, dan tentunya mendapatkan hadiah spesial dari Kiehl’s,” ujar Venny Septianita, Brand General Manager, Kiehl’s Indonesia.

Pssstt.. kami juga menerima botol kosong dari brand skincare apa pun loh! Tidak hanya itu, konsumen bisa mendapatkan produk Kiehl’s yang dikemas dalam bentuk Refill untuk kategori skincare, guna mendukung gaya hidup yang lebih berkelanjutan.

Para pengunjung juga dapat mencoba Kiehl’s Derma Reader Pro di area Skincare Academy untuk menganalisa kulit secara mendalam agar dapat lebih memahami kebutuhan kulit mereka. 

Pengunjung dapat konsultasi secara langsung dengan Kiehl’s Skin Pro dan mencoba berbagai produk favorit Kiehl’s seperti: Clearly Corrective Dark Spot Solution, serum pencerah #1  dalam portofolio brand Kiehl's yang membantu untuk mencerahkan kulit wajah, menyamarkan bintik-bintik hitam dan dapat membantu meratakan warna kulit, serta Retinol Skin-Renewing Daily Micro-Dose Serum, serum anti-aging dengan kandungan 3 bahan yang terdiri dari Retinol, Peptida, dan Ceramides, secara bersamaan dapat membantu menjaga kelembapan, kekencangan kulit dan memperbaharui kulit untuk kulit tampak muda.  Produk kami juga dikemas dalam kemasan bersertifikasi FSC. 

Kiehl’s mengundang seluruh konsumen untuk mengunjungi Kiehl’s Subway: Trash to Art, hanya di Mall Senayan City hingga tanggal 3 Maret 2024. Jangan lupa membawa 5 botol kosong skincare untuk mendapatkan hadiah menarik dari Kiehl’s Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti @kiehlsid di Instagram dan @kiehlsindonesia di TikTok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya