Cara Menemukan Kegembiraan Dalam Hal-hal Kecil, Bisa Jadi Investasi Kesejahteraan Jangka Panjang

Ilustrasi wanita/jeans/denim.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

Temukan kegembiraan dalam hal-hal kecil. Nasihat rakyat ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan banyak orang mencoba untuk menjalaninya. Namun apakah ada manfaat praktis yang nyata?

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil tidak hanya memberikan banyak manfaat sementara, namun penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga dapat menjadi investasi dalam kesejahteraan jangka panjang.

Di tingkat sosial, emosi positif dapat meningkatkan hubungan dan berpotensi menciptakan resonansi positif, sesaat antarpribadi hubungan yang meningkatkan kesehatan, memperpanjang umur, dan menambah makna kehidupan di masa depan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Hidup bahagia.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Lima angka emosi positif hingga satu emosi negatif untuk kesejahteraan optimal. Jadi untuk setiap emosi negatif yang anda alami sepanjang hari (seperti kesedihan, kemarahan, dan kekecewaan), anda harus memiliki lima emosi positif (seperti kegembiraan, harapan, atau optimisme) untuk menyeimbangkan semuanya dan menjalani kehidupan yang baik.

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Pengaturan diri yang lebih baik memiliki efek yang beragam, misalnya, mencegah kecanduan atau perilaku yang merusak diri sendiri (termasuk penundaan, rasa bersalah, dan perfeksionisme). Meluangkan waktu untuk melakukan tugas pribadi yang kecil sekalipun seperti membuat daftar, mencatat anggaran harian, dan bahkan memperbaiki postur tubuh setiap hari dapat memperkuat pengaturan diri dan mencegah kegagalan.

Melansir The Conversation, Rabu, 21 Februari 2024, Mengejar kebahagiaan bisa menjadi kontraproduktif, menyebabkan penurunan kesejahteraan dan meningkatnya perasaan kesepian. Meskipun kebahagiaan adalah keadaan yang ingin dicapai oleh manusia, kebahagiaan melibatkan proses yang dapat menciptakan kebahagiaan.

Merayakan momen kebahagiaan yang singkat bisa sangat bermanfaat bagi kita karena momen tersebut mengisi hidup kita dengan kesenangan yang lebih besar dan fokus pada penentuan prioritas. positif berbagai hal, alih-alih berfokus pada apakah kita bahagia atau tidak.

Berikut beberapa cara untuk menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil:

1. Ubah rutinitas anda. Cobalah menambahkan 10 menit kegembiraan ke dalam rutinitas pagi, siang, atau malam hari anda yang dapat memberi Anda momen penantian yang menggembirakan. Misalnya menikmati secangkir teh.

2. Carilah momen-momen humor. Humor bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika Anda kesulitan melihat keceriaan di hari itu, coba bayangkan bagaimana komedian favorit Anda menafsirkan kejadian hari itu dengan humor.

3. Bersikaplah spontan. Tantang rutinitas Anda dengan menghadirkan spontanitas dalam hari Anda, meskipun anda biasanya seorang perencana yang cermat. Rangkullah hal-hal yang tidak terduga, walaupun itu hanya istirahat lima menit yang menyegarkan untuk menelepon teman yang sudah lama tidak anda ajak bicara.

4. Carilah momen-momen keterhubungan dan tawa dengan orang asing, tetangga, atau kenalan. Memperkuat hubungan sosial ini dapat mencerahkan hari Anda.

5. Berhenti sejenak dan mengucap syukur. Beristirahat secara teratur untuk menikmati hal-hal sederhana dalam hidup sepanjang hari dapat memunculkan kesadaran dan rasa syukur baru yang membawa kegembiraan. Misalnya, dengarkan kicau burung atau biarkan diri Anda tertawa terbahak-bahak ketika seseorang mengatakan sesuatu yang lucu.

Berpartisipasi dalam momen kecil yang membahagiakan setiap hari dapat meningkatkan kesejahteraan banyak orang, baik jangka pendek maupun jangka panjang, meskipun untuk jangka waktu yang lama. beberapa dampak dari aktivitas ini lebih halus dibandingkan aktivitas lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya