Kisah Mualaf Hercules Sang Penguasa Ibu Kota, Ini Sosok Hebat Dibaliknya

Ustadz Abdul somad dan Hercules
Sumber :
  • YouTube

Jakarta – Nama Rosario de Marshal alias Hercules belakangan ini menjadi sorotan hangat di media sosial. Terlebih, ia saat ini telah menjadi seorang penganut agama Islam setelah sebelumnya menjadi preman yang disegani oleh banyak orang, terutama di kawasan Jakarta. 

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Hercules memang dikenal sebagai seorang preman berbahaya dan penguasa wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain dikenal sebagai gangster, Hercules ternyata sebagai broker politik. Dia sempat menjadi portir untuk TNI AD pada masa integrasi Timor Timur. 

Lantaran memiliki nyali yang sangat besar, Rosario pun akhirnya mendapatkan sandi panggilan Hercules. Dari sana, nama Hercules melekat sampai sekarang. Hercules merupakan raja jalanan yang sempat malang melintang di dunia hitam di Ibu Kota Jakarta. 

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

Ustadz Abdul somad dan Hercules

Photo :
  • YouTube

Meski memiliki badan kurus, tapi Hercules dinilai memiliki aura premanisme yang sangat kuat. Hercules sering berpenampilan seperti preman sampai banyak orang merasa ketakutan ketika melihatnya. Namun sekarang, Hercules tampak lebih santun dan kerap memakai peci. 

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid

Hercules juga sering menemani para ulama Indonesia, seperti ketika mencium tangan Habib Luthfi yang sempat viral pada 2021. Ia juga sempat membagikan momen kedekatannya dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Nabawi pada 2023 lalu. 

Setelah sering berurusan dengan pihak berwajib sampai keluar masuk penjara, Hercules akhirnya memilih untuk bertaubat dan mualaf pada 2010. Sang istri Nia Dania menceritakan proses bagaimana Hercules masuk Islam dan menjadi seorang mualaf. 

Nia Dania mengaku lupa kapan tepatnya sang suami memilih untuk memeluk agama Islam. Namun, yang pasti ia memiliki sertifikat memeluk Islam atau mualaf. Menurut sang istri, Hercules mengucap dua kalimat syahadat di sebuah masjid di Indramayu, Jawa Barat. 

Habib Muhammad Luthfi bin Yahya bersama Hercules

Photo :
  • Instagram @ulama.nusantara

"Sudah sangat lama beliau memutuskan untuk menjadi mualaf. Saya lupa takut salah. Pada saat itu dua hari sebelum Hari Raya Idul Fitri beliau (Hercules) itu berbicara minta didaftarkan untuk menjadi mualaf," kata Nia Dania dilansir dari YouTube Satgasus Channel. 

Pada awalnya, Nia kaget dan menganggap bahwa permintaan Hercules tersebut hanya sebuah omongan biasa. Menurut dia, Hercules memutuskan menjadi seorang umat Islam adalah ketika usia pernikahan mereka sudah menginjak 15 tahun. 

"Tapi sampai berikutnya lagi, besoknya lagi, dia nanya 'udah diurusin belum?'. Baru saya bilang 'emang yakin? sudah benar gitu kan?'. Tapi beliau yakin. Kurang lebih sudah 11 tahun (jadi mualaf)," katanya saat wawancara dua tahun lalu. 

“Menurut saya beliau sudah baik, sangat-sangat baik, dari dulu dari awal baru ketemu sampai sekarang juga beliau baik di mata saya dan anak-anak," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya