Lupa Jumlah Utang Puasa yang Harus Dibayarkan? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • inmagine

VIVA Lifestyle – Tak terasa bulan Ramadan akan segera tiba. Namun sebelum menyambut bulan yang penuh kebaikan itu, ada baiknya kita mengingat apakah kita sudah membayar utang puasa Ramadan pada tahun-tahun sebelumnya? Jika belum, maka ada baiknya untuk segera melunasinya.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Membayar utang puasa adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang memiliki utang puasa Ramadhan. Puasa di bulan Ramadan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim.  Ibadah tersebut merupakan rukun Islam yang ke-3.

Apabila umat Muslim meninggalkannya, maka wajib bagi kamu untuk melakukan qadha puasa alias menggantinya. Lantas, bagaimana jika kita lupa jumlah hari dari puasa yang ditinggalkan itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Ilustrasi orang lupa

Photo :
  • Pixabay/pexels

Kata Ustaz Adi Hidayat

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Mengenai hal tersebut, Ustaz Adi Hidayat dalam video Tanya Jawab dengannya menjelaskan bagaimana cara membayar utang puasa jika kita jumlah harinya.

"Kalo misalnya kita punya utang puasa ustaz, tapi saya ragu gak bisa menjumlahkan berapa banyak utang saya," tanya Donny Alamsyah saat ikut kajian Ustaz Adi Hidayat.

"Pertama saya tuh senang sekali kalimat-kalimat seperti ini, senang sekali. Karena ini menunjukkan perubahan jadi kalau Allah cinta pada seorang hamba itu diberikan petunjuk di hatinya untuk mendekat iti di hadis Al Bukhari nomer hadis 71 kitabul ilmi Nabi menyampaikan kalimatnya indah,siapa yang diinginkan oleh Allah berubah jadi orang baik maka akan diberikan dorongan untuk mendekat agama. yang pertama itu syukuri dulu," jelas Ustaz Adi Hidayat.

"Yang ke-2 kata para ulama niatkan qadha yang lamapu di masa-masa senggangnya. Jadi silahkan kalau Anda merasa ragu menghitung puasa, puasa niatkan qada. orang puasa senin misalnya sunah, anda niatkan qada, orang lain puasa kamis sunah, Anda niatnya qada. 

Anda gak usah hitung yang penting begitu masuk waktu waktu sunnah kata para ulama supaya ringan niatkan qada niatkan qada.

Maka Allah tidak melihat berapa banyak Anda tunaikan, Allah melihat kesungguhan yang kita lakukan itu," terangnya lebih lanjut.

Ribuan Jemaah Haji Tawaf Wada Usai Sholat Subuh

Photo :
  • MCH 2022/Susanto

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video tersebut berhasil menuai perhatian warganet. Mengingat, hal ini yang sering kali dihadapi masyarakat.

"sebentar lagi mau puasa dan hutang puasa saya juga banyak,smoga besok bisa mulai puasa ganti amiin," tulis warganet.

"ya Allah smoga dikuatkan iman untuk bisa membayar hutang puasa," seru lainnya.

"Alhamdulillah ya Allah saya dapat jawaban tanpa bertanya," kata lainnya.

"Saya ramadhan kemarin sakit autoimun jenisbgrave desease..jd banyak sekali hutang puasa ditambah dg haid.. sampe skrg sudah mendekati ramadhan saya baru bisa menebus 5 hari, dikarenakan kondisi saya yg sering ngedrop.. bagaimana saya harus membayar hutang puasa itu sdgkan ramadhan sebentar," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya