Menyambut Ramadhan dengan Penuh Keberkahan: Persiapan Diri dan 5 Amalan Utama

Umat muslim menunaikan ibadah shalat tarawih pertama bulan Ramadan 1440 H di Masjid Pondok Pesantren Assalam, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 5 Mei 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Menurut kalender Islam, awal bulan pertama Ramadhan tahun 1445 Hijriah adalah tanggal 11 Maret 2024. Kurang dari sebulan kemudian, umat Islam merayakan bulan suci yang penuh berkah. Sudahkah Anda melunasi utang puasa Anda? Sebelum memulai puasa, ada banyak amalan yang bisa dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Seperti yang kita ketahui bersama, bulan suci Ramadhan merupakan masa yang penuh kemuliaan dan berkah. Sebuah hadis menyebutkan bahwa pada bulan ini, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, bahkan setan pun dirantai.

Umat muslim menunaikan ibadah shalat tarawih pertama bulan Ramadan 1440 H di Masjid Pondok Pesantren Assalam, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 5 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Menyambut bulan suci Ramadhan merupakan momen istimewa bagi umat Islam. 

Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh keberkahan. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

1. Melunasi Utang Puasa 

Sebagai umat Islam tentu kita mempunyai alasan untuk tidak berpuasa dan harus menggantinya dengan membayar kewajiban puasa sesuai jumlah hari yang ditentukan. 

2. Kehendak Hati yang Suci 

Awali dengan niat ikhlas dan sepenuh hati untuk berpuasa Ramadhan. Niat yang ikhlas akan membawa makna ibadah yang lebih dalam. 

Sebagai umat Islam, kita bisa merencanakan niat dan mempersiapkan hati dengan penuh suka cita menyambut datangnya bulan Ramadhan. 

3. Mensucikan Hati dan Jiwa 

Mensucikan hati dan jiwa dari segala macam dosa dan kesalahan. Bertaubat dengan ikhlas agar hati lebih suci dan siap menerima keberkahan Ramadhan. 

Bertaubat dengan tulus dan memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yang dilakukan. Dzikir selalu membawa kedamaian di hatinya. 

4. Amalan Mempercantik Ibadah 

Menyempurnakan ibadah, seperti salat, dzikir dan bacaan Alquran. Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sehingga memperbanyak ibadah akan membawa manfaat yang besar. 

Selain salat lima waktu, salat sunah atau salat malam (tahajud) juga sangat dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Amalan dzikir dan tasbih berfungsi sebagai bentuk pengingat kepada Allah. 

Memperbanyak jumlah doa dan dzikir membantu menjaga kesadaran spiritual dan mempererat hubungan dengan Sang Pencipta. 

Camilan bulan ramadan

Photo :
  • vstory

5. Mengamalkan Amal dan Kebaikan 

Memperkuat amalan dan berbuat baik kepada sesama. Bersikap lebih dermawan dan perhatian terhadap sesama merupakan salah satu cara menyambut Ramadhan dengan segala keberkahannya. 

Mari kita sumbangkan sebagian harta kita untuk amal bagi saudara-saudara kita yang muslim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya