Terungkap Alasan Singa Ogah Makan Daging Hyena, Ternyata Karena Hal Ini

Singa
Sumber :
  • USA Today

Jakarta – Sebagian besar dari kita mungkin penasaran mengapa singa memilih untuk tidak memakan hyena, padahal hewan buas satu ini kerap merebut makanannya. Hal ini rupanya berkaitan dengan selera makan sang raja hutan itu sendiri.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Singa merupakan hewan karnivora yang sangat ganas di alam liar. Mendapat julukan sebagai raja hutan, hewan yang kerap tinggal di savana ini dikenal dengan bentuk yang gagah, taring besar dan tajam, serta suara yang menggelegar. 

Di alam liar itu sendiri, singa merupakan seorang predator puncak atau sering makan hewan-hewan lain yang ada di sekitarnya. Namun, sebuah fakta menyebutkan bahwa singa lebih memilih untuk tidak memakan daging hyena. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Singa

Photo :
  • USA Today

Tidak jarang hyena merebut atau bahkan makan bareng singa. Keduanya tampak tidak saling menyerang ataupun saling memburu, kecuali jika keberadaannya terusik. Menurut AZ Animals, alasan singa tidak memakan hyena karena keduanya adalah predator puncak. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Hal ini tentu saja mengurangi kemungkinan kedua hewan ini saling memburu maupun saling memangsa. Hyena juga termasuk hewan yang kerap memakan bangkai sisa makanan karnivora lain. Karena itu, singa tidak menganggap hyena santapan yang menggugah selera. 

Selain itu, hewan berbulu warna kuning kecokelatan ini lebih suka berburu hewan-hewan herbivora yang memakan rumput atau dedaunan. Alasannya, dagingnya jauh lebih lezat dan bergizi sehingga menggugah selera untuk memakannya. 

Populasi Hyena

Photo :
  • hyenalabs.com

Alasan lain, hewan-hewan herbivora sendiri jauh lebih mudah untuk dimangsa. Sebab, hewan-hewan tersebut tidak bisa melakukan perlawanan selain lari menjauh dari jangkauannya. Dengan kecepatan dan insting berburu, tentu singa mudah menangkap mangsa hewan herbivora. 

Sebaliknya, hyena adalah sesama predator yang memiliki kemampuan untuk melawan. Dengan pola hidup yang bergerombol, maka singa akan kesulitan untuk melumpuhkan hewan sebesar kambing ini. Alih-alih membunuhnya, singa malah bisa terbunuh. 

Walaupun demikian, singa dan hyena bukan hewan yang bisa hidup berdampingan. Sesekali keduanya bisa saling menyerang untuk mengurangi persaingan atau perebutan makanan di alam liar. Singa yang membunuh hyena biasanya untuk membuktikan dominasi di alam liar. 

Namun, saat mereka membunuh hyena, mereka tidak akan memakannya karena tidak berselera. Satu-satunya singa yang memakan hyena adalah singa tua yang lemah atau singa sudah kekurangan makanan di alam liar sehingga terpaksa memakan daging hyena. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya