Inspiratif, Kisah Ibu Rumah Tangga Ubah Waktu Luang jadi Uang

Ilustrasi mengelola keuangan
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Para ibu dan istri kerap kali menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam melakukan pembelian barang-barang kebutuhan rumah tangga atau home living, terutama ketika ada penawaran dengan harga yang menarik. TikTok, sebagai salah satu platform digital yang populer digunakan untuk mencari berbagai informasi, bukan hanya menjadi tempat mereka menemukan produk-produk baru, tetapi juga menjadi platform bagi sebagian dari mereka untuk mencoba peruntungannya dalam berjualan online melalui TikTok.

Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?

Leaanard Aprilia, yang memiliki akun hellooanard dengan jumlah pengikut sebanyak 1 juta, telah memanfaatkan platform TikTok sebagai sumber pendapatan tambahan melalui program afiliasi sejak tahun 2021. Sebelumnya, ia banyak menghabiskan waktunya di rumah, namun kini, di tengah kesibukannya dalam mengurus keluarga, Leaanard Aprilia, yang biasa dipanggil Lia, memanfaatkan waktu di rumah dengan mempromosikan berbagai produk kebutuhan rumah tangga, mulai dari peralatan memasak hingga elektronik portabel. Scroll lebih lanjut ya.

"Program affiliate TikTok menjadi sumber pendapatan saya. Setiap kali ada waktu kosong, saya langsung livestream untuk jualan. Kadang-kadang saya dibantu oleh adik saya sebagai co-host. Enaknya lagi, saya bisa tentukan sendiri waktunya mau kapan (untuk livestream)," tambahnya.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Lia mengungkapkan bahwa mayoritas pengguna TikTok yang menonton siaran langsung produk-produknya adalah ibu-ibu rumah tangga sebaya atau mahasiswa dan pekerja yang tinggal sendiri dan membutuhkan peralatan home living yang portabel.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

"Meskipun saya bukan artis, banyak yang menonton live saya. Biasanya mereka menonton karena butuh pilihan produk-produk home living, khususnya dengan harga yang murah. Jujur saja, dengan kembalinya Shop | Tokopedia di TikTok menjadi angin segar bagi saya dan teman-teman affiliator serta penjual yang lain karena kami bisa berjualan lagi di platform ini yang merupakan sumber penghasilan utama kami jugai," ujar Lia menjelaskan.

Keberhasilan Lia melalui program afiliasi TikTok ini tidak hanya memberikan manfaat finansial bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi keluarganya. Dengan penghasilan yang ia dapatkan dari program afiliasi, ia mampu menyekolahkan anaknya di sekolah yang berkualitas dan membiayai pendidikan adiknya di universitas ternama.

Leaanard Aprilia

Photo :
  • ist

"Saya dan rekan afiliasi lainnya merasa bahwa kehadiran TikTok benar-benar membantu pelaku usaha lokal, yang tentunya akan berdampak pada perekonomian negara juga. Semoga proses migrasi  yang hampir selesai ini berjalan lancar agar kami juga tetap bisa mencari pemasukan dan membuka kesempatan bagi orang-orang untuk mendapatkan sumber penghasilan lainnya," tutup Lia.

Hingga saat ini, Lia tetap aktif sebagai kreator afiliasi di TikTok yang secara rutin mengadakan siaran langsung dengan menjual produk-produk home living melalui akunnya. Keberhasilan Lia adalah bukti, program afiliasi TikTok dapat menjadi peluang mata pencaharian yang menjanjikan bagi masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan penghasilan mereka.

“Saya dan teman affiliator lainnya merasa kehadiran TikTok benar-benar membantu pelaku usaha lokal yang tentunya akan berdampak bagi perekenomian negara juga. Semoga proses migrasi Shop | Tokopedia yang hampir selesai ini berjalan lancar agar kami juga tetap bisa mencari pemasukan dan dapat membuka kesempatan bagi orang-orang untuk mendapatkan sumber pemasukan lain," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya