5 Jenis Ular Kobra dengan Racun Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya dari Jawa

Ular kobra .
Sumber :
  • instagram LIPI

Jakarta – Kobra adalah salah satu jenis ular yang terkenal akan keberadaannya yang mematikan dan beracun. Ular ini menjadi momok menakutkan, terutama di wilayah Indonesia, di mana populasi mereka cukup melimpah, terutama saat musim hujan. Dikenal karena membunuh mangsa dengan cara menyuntikkan racun melalui gigitan taringnya sehingga harus diwaspadai. 

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Tidak hanya itu, sifat alamiahnya yang agresif saat terancam membuat ular kobra menjadi spesies yang sangat dihormati dan diperlakukan dengan hati-hati oleh banyak orang. Secara fisik, mereka memiliki variasi warna yang menarik, mulai dari hitam hingga coklat tua, bahkan hingga putih kekuningan. Nah, berikut jenis kobra seperti dilansir dari animals.sandiegozoo.org

1. Kobra Jawa

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ular kobra yang ditangkap warga di Perumahan Royal Citayam Residence, Bogor.

Photo :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan.

Satu di antara spesies kobra yang terkenal adalah Kobra Jawa. Ular ini berasal dari Pulau Jawa dan Nusa Tenggara, hidupnya bisa mencapai 20 tahun. Aktif di malam hari, ular ini memiliki kebiasaan untuk mencari mangsa. 

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ketika merasa terancam, Kobra Jawa tidak segan untuk menyemburkan racun hingga satu meter jaraknya. Bahkan, racun yang dihasilkannya memiliki aktivitas antikoagulan yang kuat, menjadikannya salah satu ular dengan racun paling mematikan di antara spesies kobra lainnya.

2. Kobra India

Sekelompok pemburu di India nekat membunuh ular kobra.

Photo :
  • NDTV

Kobra India juga merupakan salah satu jenis kobra yang patut diperhitungkan. Ditemukan di anak benua India, ular ini hidup di berbagai habitat, termasuk daerah pemukiman manusia. Meskipun memiliki reputasi yang ganas, kobra India dihormati oleh umat Hindu. 

Tidak jarang, masyarakat India menyembah ular kobra selama festival Hindu tertentu. Gigitan ular ini menghasilkan racun yang kuat, dengan komponen neurotoksik dan sitotoksik yang mampu memicu kematian jika tidak segera ditangani.

3. Kobra Cape

Ular Kobra Cape dari Afrika

Photo :
  • African Snakebite Institue

Tak kalah menakutkannya adalah Kobra Cape, yang endemik di Afrika bagian selatan. Ular ini memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa, hidup di berbagai habitat termasuk padang rumput, gurun, dan dekat pemukiman manusia. Bisa atau racunnya sangat berbahaya, dan gigitannya yang kuat dapat menyebabkan kematian jika tidak segera mendapat pertolongan.

4. Kobra Monocled

Dua ular kobra.

Photo :
  • Unsplash

Kobra Monocled adalah jenis kobra yang tersebar luas di Asia Tenggara dan Selatan. Dikenal sebagai ular yang sangat adaptif, mereka dapat hidup di berbagai habitat dan memakan berbagai jenis mangsa. Ketika merasa terancam, ular ini siap menyerang dengan racunnya yang beracun, campuran kompleks neurotoksin, kardiotoksin, dan miotoksin.

5. Kobra Equatorial Spitting

Ular kobra .

Photo :
  • instagram LIPI

Kobra Equatorial Spitting, ditemukan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, menjadi salah satu ular kobra yang paling berbisa di dunia. Hidup di hutan primer dan kadang-kadang di dekat pemukiman manusia, ular ini gemar memangsa berbagai jenis hewan. 

Racunnya sangat berbahaya, dengan campuran neurotoksin, sitotoksin, dan kardiotoksin yang dapat menyebabkan kematian korban jika tidak segera ditangani. Kemampuannya untuk menyemburkan racun atau menggigit saat merasa terancam membuatnya menjadi ancaman serius bagi siapa pun yang berada di sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya