Setelah Pakistan Geser Indonesia, Ini 5 Negara dengan Penduduk Muslim Terbesar di Dunia

Bendera Pakistan.
Sumber :
  • Antara FOTO.

VIVA – Pakistan telah menggantikan posisi Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Tingkat pertumbuhan rata-rata penduduk Pakistan dari 1998 hingga 2017 adalah 2,40%. Dengan lebih dari 220 juta orang, ini merupakan pertumbuhan sekitar 5,28 juta orang per tahun.

Masyarakat penganut agama Islam mayoritas tinggal di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Pada tahun 2024, Islam akan menjadi agama terbesar kedua di dunia dengan lebih dari 2 miliar penganut. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Masjid Badshahi di Pakistan

Photo :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

Pakistan diperkirakan akan memiliki 404,68 juta penduduk pada tahun 2092, melampaui jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 331,29 juta jiwa pada tahun 2048.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Pakistan salah satu negara dengan tingkat kelahiran tertinggi. Tingkat kelahiran yang tinggi juga dapat menyebabkan jutaan orang menganggur dan membebani sistem kesehatan dan pendidikan, karena sangat sedikit perempuan di Pakistan yang menggunakan alat kontrasepsi apa pun.

Perubahan ini mengindikasikan pergeseran demografis yang signifikan di antara negara-negara dengan populasi Muslim yang besar. Berdasarkan data terbaru, berikut adalah lima negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, di lansir dari World Population Review pada Rabu, 3 April 2024.

1. Pakistan

Pakistan memiliki 240,8 juta orang atau 98,19 persen dari total populasi. Pakistan kini menempati peringkat teratas sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak. Meskipun memiliki sejarah yang kompleks dan tantangan sosial yang beragam, Islam tetap menjadi pilar utama dalam kehidupan masyarakat Pakistan.

2. Indonesia

Sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar sebelumnya, Indonesia kini menempati peringkat kedua. Dengan lebih dari 236 juta orang atau 84,35 persen dari total populasi, Indonesia tetap menjadi pusat keberagaman budaya dan agama di Asia Tenggara.

3. India

India, dengan populasi lebih dari 1,3 miliar jiwa, memiliki komunitas Muslim yang besar dan beragam. India berada di urutan ketiga dengan 200 juta penganut agama Islam. Meskipun minoritas di negara yang mayoritas Hindu, Muslim di India memiliki peran penting dalam sejarah, budaya, dan politik negara tersebut.

Studi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Pew di Amerika Serikat, lembaga think-tank, menunjukkan bahwa pada tahun 2050, India akan menyalip Indonesia sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia.

4. Bangladesh

Negara ini memiliki populasi lebih dari 160 juta jiwa, di mana mayoritas penduduknya adalah Muslim. Bangladesh telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, sambil tetap memelihara warisan budaya dan agama Islam.

5. Nigeria

Nigeria adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di Afrika, dengan penganut muslim sebanyak 97 juta jiwa. Islam di Nigeria memiliki pengaruh yang kuat dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk budaya, politik, dan ekonomi.

Perubahan dalam peringkat negara-negara dengan populasi Muslim terbesar mencerminkan dinamika demografis global dan pergeseran dalam distribusi populasi umat Islam di seluruh dunia. Meskipun urutan peringkat dapat berubah dari waktu ke waktu, kontribusi dan keberagaman umat Islam di setiap negara tetap menjadi bagian integral dari identitas dan perkembangan sosial mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya