6 Tips Cara Memilih Kurma Terbaik, Jangan Asal Lihat Tampilannya Saja

Kurma
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Lifestyle – Rombongan jamaah haji Indonesia yang telah tiba di kota Madinah, kini tengah menikmati suasana beribadah serta mengunjungi sejumlah destinasi wisata religi yang ada di kota tempat berada Masjid Nabawi tersebut.

Deretan Momen Haru Selebritis Wukuf di Arafah: Air Mata Bahagia dan Doa Mendalam

Begitu banyaknya jamaah asal Indonesia yang menyusuri sudut kota Madinah pun seakan telah menjadi pemandangan lazim dalam setiap musim haji tiba. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dan yang kerap kali dan selalu menjadi aktivitas yang tak terlupa dari kunjungan ke Arab Saudi adalah momen mencari oleh-oleh untuk sanak saudara di Tanah Air.

Tim Pengawas Haji DPR Ajak Masyarakat Berdoa untuk Kebebasan Palestina

Maka pastinya ada salah satu oleh-oleh khas Tanah Suci yang biasanya dicari jamaah haji adalah kurma Madinah. Tapi tak hanya kurma. Makanan olahan dari kurma pun bisa diperoleh.

Menu takjil puasa, Kurma

Photo :
  • pixabay
Puan Maharani: Haji Tahun Ini Lebih Kondusif tapi Kualitas Pelayanan Harus Ditingkatkan

Kurma Madinah sendiri ada beragam jenis, mulai dari Ajwa, Ambhar dan Safawi (ini merupakan jenis kurma favorit) dan satu lagi adalah jenis kurma Sukkari.

Biasanya kalau belanja kurma nantinya para calon pembeli diperbolehkan mencicipi makan kurma ditempat sepuasnya, lumayan untuk kita bisa mencicipi semua jenis kurma dan makanan olehan dari kurma gratis.

Dan bagi para jamaah yang hendak membeli kurma untuk buah tangan, hendaknya memilih kurma dengan teliti dan dapat perhatikan hal-hal sebagai berikut, seperti dilansir laman resmi Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji:

Kurma

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

1. Pilihlah buah kurma yang segar dan tidak terlalu berkerut kulit arinya. Kulit ari harus mengilat dan tidak terlalu kering, warnanya seragam, dan tidak pecah-pecah.

2. Jika membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikanlah kemasannya. Jangan sampai memilih kemasan yang sudah rusak atau terbuka dan jangan lupa memeriksa juga tanggal kedaluwarsanya.

3. Pilihlah buah kurma yang besar. Bukan berarti buah kurma yang kecil itu tidak baik untuk dimakan, hanya saja buah kurma yang sudah kecil biasanya sudah lama mengering.

4. Carilah buah kurma yang tidak lengket saat dipegang. Beberapa pedagang menggunakan trik ini dengan menambahkan madu atau gula cair pada kulit kurma agar terasa manis, atau untuk menutupi rasa buah kurma yang sudah tidak baik lagi kualitasnya.

5. Buah kurma yang masih segar berwarna cokelat kemerahan atau kekuningan. Meski kurma bisa bertahan lama, namun akan lebih baik bila memilih yang masih segar.

Jika bisa sebaiknya dicicipi dahulu, pilihlah kurma dengan tekstur dan daging buah yang empuk dan tidak keras, dan tidak berbau pastinya.

6. Sebaiknya hindari membeli kurma di tempat yang terbuka tanpa adanya penutup kemasan. Debu dan binatang yang menempel pada kulit kurma bisa mengurangi khasiatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya