Favorit di Indonesia, Ini 10 Jenis Kurma dari yang Termahal Sampai yang Termurah

Kurma
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA LifestyleKurma, buah dari jenis pohon palem yang tumbuh di daerah tropis menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak mengherankan, karena kurma tidak hanya lezat tetapi juga menawarkan berbagai manfaat pada kesehatan.

Usai Ibadah Haji, Nilmaizar Terbang ke Medan Persiapkan Tim PSMS Medan

Kurma merupakan sumber energi yang baik. Di dalamnya juga mengandung banyak nutrisi. Beberapa di antaranya, asam amino, tembaga, magnesium, zat besi, dan vitamin A.

Kurma memiliki banyak jenis dengan warna, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda. Hampir semua kurma yang dijual di negara-negara Barat dikeringkan.

Hadiri Undangan dari Raja Salman, Sri Mulyani Puji Perbaikan Manajemen Haji

Untuk mengetahui apakah kurma kering atau segar, perhatikan penampilannya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Kurma

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Puncak Haji, Jemaah Nafar Awal Hari Ini Tinggalkan Mina Sebelum Matahari Terbenam

Untuk kurma yang bersifat kering, buah tersebut memiliki kulit yang keriput dan tekstur yang kenyal. Sedangkan kurma yang terlihat segar, ia memiliki kulit yang halus dan berwarna cerah, biasanya berwarna merah cerah atau kuning cerah.

Ukuran kurmanya pun relatif kecil, tergantung varietasnya. Beberapa varietas kurma segar yang umum dikonsumsi termasuk Medjool dan Deglet Noor.

Di Indonesia sendiri, konsumsi kurma biasanya ditujukan untuk mendapatkan kembali cadangan energi sekaligus menyehatkan tubuh. Namun ternyata buah berwarna cokelat ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Kurma

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

Dan ternyata ini deretan 10 jenis kurma yang umumnya dikonsumsi dan menjadi favorit bagi warga di Indonesia, dari yang termurah hingga yang termahal:

1. Kurma Madinah

Kurma madinah merupakan kurma dengan harga termurah karena kualitasnya yang biasa saja. Kamu bisa mendapatkan jenis kurma yang satu ini hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp. 35.000 sampai Rp. 40.000 per kilo.

Ciri khas kurma madinah adalah bentuknya yang kecil dan berselaput, serta terdapat rongga didalamnya.

2. Kurma Khalas

Kurma khalas memiliki warna coklat kemerahan dengan rasa yang manis menyerupai rasa karamel. Beberapa wilayah di Timur Tengah mengkonsumsi kurma jenis ini sehari-hari. 

Bagi penderita darah rendah, kurma khalas dapat membantu memberikan asupan zat besi untuk tubuh. Harga satu kilogram kurma khalas dijual dengan harga Rp59.000.

Menu takjil puasa, Kurma

Photo :
  • pixabay

3. Kurma Bam

Kurma bam disebut juga sebagai kurma anggur atau kurma madu. Sekilas kurma bam memiliki kemiripan dengan kurma ajwa, perbedaannya terletak pada bentuknya yang lebih besar dengan rasa yang lebih lembut dan manis. 

Sama dengan kurma lainnya, kurma bam dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi tekanan darah. Kurma bam dibandrol dengan harga Rp50.000 - Rp70.000 per kilogramnya. 

4. Kurma Khudri

Kurma khudri kulit lapisan luar yang keriput dan berwarna coklat kehitaman. Ukuran kurma khudri cenderung lebih kecil, meskipun begitu rasa dari kurma khudri tidak kalah manis dibandingkan jenis kurma lainnya. 

Kurma khudri mengandung vitamin c, zat besi, dan kalium yang dapat menurunkan risiko diabetes, serta membantu kesehatan jantung dan kulit. Harga kurma khudri dibandrol Rp70.000 untuk satu kilogram. 

5. Kurma Sukari

Salah satu kurma yang paling enak yang sudah masuk di Indonesia adalah Kurma Sukari. Akan tetapi, kamu tidak akan menemukan jenis kurma ini setiap hari.

Ya, kurma ini bisa ditemukan di Indonesia dalam waktu tertentu. Harganya adalah mulai dari Rp100.000 sampai Rp150.000 per kilo. Jika stok sedikit, maka harga akan meroket. Namun, jika stok cukup banyak, biasanya harga akan turun.

Kurma merupakan salah satu sumber asam amino terbaik (Photo: Pixabay)

Photo :
  • vstory

6. Kurma Muda

Berbeda dengan kurma lainnya yang berwarna coklat atau kehitaman, kurma muda berwarna kuning atau merah muda. Kurma muda adalah kurma yang belum matang, biasanya berusia 120 hari.

Karena belum matang, kurma muda memiliki tekstur yang tidak terlalu manis, dan mudah lumer di dalam mulut. 

Kaya dengan kalsium, zat besi, dan asam folat, kurma muda biasanya dikonsumsi oleh pasutri yang sedang dalam program kehamilan. Harga kurma muda bervariasi, mulai dari Rp65.000 - Rp135.000 per kilogram. 

7. Kurma Barhi

Kurma barhi adalah jenis kurma yang berasal dari Mesir. Memiliki rasa yang manis, dengan buah yang lembut, kurma barhee dapat dimakan langsung atau diolah menjadi sirup. 

Hampir sama dengan kurma lainnya, kurma barhi mempunyai kandungan zat besi, vitamin b, potasium, dan kaya akan serat. Unsur yang ada dalam kurma barhi dapat mengurangi resiko diabetes, penyakit alzheimer, dan kanker. Kurma barhi dijual dengan harga Rp196.000 per kilogramnya.

8. Kurma Medjool

Adalah jenis kurma premium yaitu kurma yang dibandrol dengan harga tinggi. Kurma ini juga dikenal sebagai kurma California. Berapa harganya?

Karena kualitasnya benar-benar tinggi, kurma ini bisa dijual dengan harga Rp180.000 per kilonya. Wow!

IMPOR KURMA MEROKET JELANG RAMADAN

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

9. Kurma Halawi

Kurma halawi berasal dari Yordania dan memiliki karakteristik yang unik karena buahnya yang lembut dan berair. Rasa dari kurma halawi juga manis dengan sentuhan karamel. 

Kurma ini dapat dikonsumsi sebagai cemilan atau hidangan penutup. Sama dengan jenis kurma lainnya, kurma halawi dapat menjaga sistem imun tubuh. Kurma halawi dibandrol dengan harga cukup mahal yakni berkisar Rp200.000-an. 

10. Kurma Ajwa

Kurma ajwa juga dikenal sebagai Kurma Nabi, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Kurma Ajwa adalah kurma kesukaan Rasulullah SAW.

Untuk harganya, kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp300.000 sampai Rp350.000 per kilogram. Ciri khas kurma Ajwa adalah tampilannya yang bulat hitam dengan rasanya yang legit dan manis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya