Sambut HUT RI, Hotel Borobudur Jakarta Gelar Program Budaya ‘Discover Indonesia’s Spice Route'

Hotel Borobudur Jakarta luncurkan program budaya Discover Indonesias Spice Route
Sumber :
  • Instagram

VIVA LifestyleHotel Borobudur Jakarta dengan bangga mengumumkan peluncuran program budaya “Discover Indonesia’s Spice Route: Tales of the Lands Beneath the Wind”, pada Selasa 9 Juli 2024 di lobby utama dan pendopo lounge, Hotel Borobudur Jakarta.
 
Pembukaan acara ini merupakan kolaborasi antara Hotel Borobudur Jakarta bersama Yayasan Negeri Rempah yang didukung oleh Discover Hotel and Resort (DHR), Artha Graha Peduli, Artha Graha Network, Kementerian Perdagangan, UNESCO dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema Jalur Rempah.

Dankormar: Marinir Siap Kirim Prajurit Terbaik untuk Sukseskan Upacara HUT RI Ke-79 di IKN

Yang akan berlangsung selama bulan Juli hingga Agustus 2024, sebagai bentuk perayaan Kemerdekaan Indonesia ke 79 tahun dan Ulang Tahun Hotel Borobudur Jakarta yang ke 50 tahun. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Heru Budi Bilang Ada Upacara Militer 17 Agustus di IKN tapi Hiburannya di Jakarta

“Kami bertugas untuk memasarkan produk unggulan rempah kita, salah satunya melalui jalur ekspor yang mengalami kenaikan sampai 860 Juta USD. Potensi rempah ini memberikan sumbangsih pada perekonomian Indonesia," ujar Sabban Christian Jannes selaku Direktorat Pengembangan Ekspor Produk Nasional dari Kementerian Perdagangan.

Perkuat Relasi Malaysia-RI, Ketua Menteri Melaka Bakal Dialog dengan Prabowo

"Maka dari itu saya ucapkan terima kasih pada Hotel Borobudur Jakarta yang telah mengakomodir kegiatan pameran rempah ini, sehingga terdapat sekitar 37 UMKM rempah yang dapat menjajakan, mempromosikan dan memperkenalkan rempah berkualitas Indonesia pada seluruh pengunjung,” tambahnya.

Acara ini dibuka dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh manajemen Hotel Borobudur Jakarta, Yayasan Negeri Rempah, Kementerian Perdagangan dan Gerakan Rempah Masyarakat Indonesia.

Dilanjutkan dengan penampilan musik tradisional Angklung oleh Bunda Milenial  sekaligus mengkampanyekan budaya tradisional Indonesia melalui hari “Kebaya Nasional” yang akan diresmikan 24 Juli 2024 mendatang.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi diskusi sekaligus bedah buku “Tale of the Lands Beneath the Winds” oleh Yanuardi Syukur selaku penulis.

“Buku ini membahas tentang sejarah dan pengaruh jalur rempah di Indonesia, isinya menampilkan kekayaan rempah kita sejak zaman sebelum Indonesia. Untuk kita kenalkan pada generasi milenial, dari covernya saja vintage. Ini perlu diketahui oleh anak muda Indonesia,” kata Yanuar disela Diskusi Santai.

“Discover Indonesia’s Spice Route” dimulai dengan membuka pameran yang bertajuk “Pasar Rempah” di Lobi Hotel.

“Pameran ini menampilkan berbagai macam rempah-rempah asli Indonesia, warisan kuliner dan budaya Indonesia kepada pengunjung. Kami dari asosiasi pangan dan rempah, mencanangkan hari rempah nasional (kedepannya)," ungkap Prof Siti Nur Azizah Ma’ruf, selaku Ketua Umum Gerakan Masyarakat Rempah Indonesia.

"Kami berharap bisa berkolaborasi dengan (berbagai) kementerian untuk bagaimana mengangkat rempah dan bisa mengangkat kejayaan Nusantara," tutur Prof Siti.

"Ini merupakan budaya kita yang harus dijaga, karena komoditi Rempah merupakan komoditas terbesar dan paling berkualitas dari Indonesia," imbuh Prof siti.

"Maka itu kami bersama Hotel Borobudur ingin mengangkat warisan rempah nenek moyang kita. Selamat menikmati, disini telah dibuka 37 booth UMKM rempah. Bisa menjadi daya tarik dari mancanegara,” tegasnya.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati pameran seni karya Bapak Sarnadi Adam, menampilkan karya-karya seni yang mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia, memberikan pengalaman artistik yang mendalam bagi para pengunjung.

Pasar rempah dan pameran seni ini dapat dinikmati selama bulan Juli dan Agustus 2024.

Sebagai puncak acara, Hotel Borobudur Jakarta akan menyelenggarakan pagelaran pangan dan rempah Indonesia pada tanggal 7-9 Agustus 2024 di Flores Ballroom dan “Pameran Rempah dan Kita” pada 18-31 Agustus di Borobudur Backyard.

Pameran in menyoroti sejarah rempah Indonesia dan pengaruhnya terhadap budaya dan perdagangan global, memberikan wawasan mendalam tentang kekayaan dan pentingnya warisan rempah Indonesia. Selain itu akan mengadakan pameran, talkshow, fashion show dan business matching.

“Kami mewakili Hotel Borobudur Jakarta sebagai hotel bintang lima, ingin menginspirasi hotel lainnya untuk bisa berkolaborasi menjaga warisan budaya kita, warisan nenek moyang Indonesia," terang Karina Eva Poetry selaku Director of Marketing Communication Hotel Borobudur Jakarta.

"Salah satunya warisan tentang Rempah Indonesia. Kami bangga menjadi bagian dari event ‘Discover Indonesia’s Spice Route’ yang didalamnya mengingatkan kejayaan Indonesia bangkit kembali, seperti kejayaan masa lampau, mengangkat nama Nusantara," jelas Karina.

"Kita biasakan untuk  menggunakan rempah menjadi kebiasaan dalam menu (kuliner) kaya akan rempah (didalamnya). Di Agustus mendatang akan kami gelar seluruh rempah di Indonesia,” lanjut Karina.

Yang tak terkalahkan ialah adanya promosi special selama Discover Indonesia’s Spice Route ini, dengan dapat menikmati “Nasi Tumpeng Kemerdekaan” di Pendopo Lounge dengan harga Rp120.000 net/orang dari Senin hingga Sabtu sepanjang bulan Juli dan Agustus 2024.

“Cake of the Month” di bulan Juli adalah Red Velvet Merah Putih dengan harga Rp500.000 net per portion di Borobudur Gourmet.

Nikmati buffet “Nusantara with Rempah” seharga Rp518.000 net per orang untuk Sunday Dinner hingga Friday Lunch, dan Rp588.000 net per orang untuk Friday Dinner hingga Sunday Brunch sepanjang bulan Juli dan Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya