10 Fakta Menarik Burj Khalifa yang Mungkin Belum Anda Tahu

Burj Khalifa, Dubai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Umi Kalsum

VIVA – Burj Khalifa yang resmi dibuka sejak 4 Januari 2010, memiliki ketinggian 2.717 kaki (828 meter), atau setara dengan setengah mil.

Batu Seukuran Burj Khalifa di Dubai Siap Menyapa Bumi

Ketinggian gedung itu, yang terletak di Kota Dubai, Uni Emirat Arab, mengalahkan rekor menara Taipei 101, yang tingginya 500 meter. Selain itu, ada beberapa fakta menarik dari Burj Khalifa. Mungkin di antaranya belum Anda ketahui. Seperti dilansir laman Linjust, berikut ini.

1. Sebelum ditempati, Burj Khalifa dikalkukasi memiliki berat kosong sekitar 500.000 ton.

Terbaru! Ini Gedung Pencakar Langit Dunia, Ada yang Mencapai 828 Meter

2. Burj Khalifa memiliki 58 lift, yang berjalan dengan kecepatan 10 meter per detik atau 60 km per jam. Lift ini adalah salah satu lift yang tercepat di dunia.

3. Awalnya Burj Khalifa yang dirancang tim arsitek dari perusahaan Amerika, Skidmore, Owing, dan Merril, itu diberi nama Burj Dubai, yang berarti Menara Dubai, namun diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Syeikh Khalifa bin Zayed al Nahyan, pemimpin Abu Dhabi yang berhasil menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.

Sewa Burj Khalifa Rp1,4 M Hingga Vaksin Corona Disemprot ke Hidung

4. Burj Khalifa memiliki 2957 tempat parkir, 304 hotel, dan 904 apartemen.

5. Perusahaan konstruksi yang menggarap Burj Khalifa bukan asal Dubai, tapi Korea Selatan, yakni Samsung Engineering and Construction.

6. Konsumsi air di Burj Khalifa mencapai 250.000 galon per hari. Dibutuhkan tenaga listrik yang sangat besar untuk mencukupi kebutuhan energi. Di antaranya untuk menyalakan 360.000 lampu 100 watt.

7. Ada 260.000 kaca yang perlu dibersihkan secara berkala. Untuk menyelesaikan proses pembersihan secara keseluruhan, butuh waktu sekitar tiga bulan, dimulai dari atas ke bawah. Demikian dilakukan secara berulang-ulang. Ada 12 mesin pembersih khusus yang dioperasikan 36 orang pekerja.

8. Konstruksi bangunan Burj Khalifa terinspirasi dari bunga Hymenocallis dari Yunani yang memiliki kelopak panjang.

9. Lantai paling atas menara memiliki suhu 15 derajat lebih dingin daripada di lantai dasar, sehingga tak memerlukan pendingin ruangan.

10. Selain menjadi bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga merupakan tempat bagi lift, restoran, air mancur, dan kolam renang tertinggi di dunia. (ren) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya