Susu Formulasi Khusus untuk Pasien Gizi Buruk di Asmat

Mengenaskan, Seperti ini Kondisi Warga Asmat di Pedalaman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Saat ini mayoritas pasien campak dan gizi buruk yang dirawat di RSUD Agats, Asmat, Papua kondisinya membaik.

RSUD Ruteng Manggarai NTT Rawat Balita Gizi Buruk

Dokter dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Fathih Juandi Pohan mengatakan, tenaga kesehatan harus tetap waspada terkait bertambahnya pasien campak dan gizi buruk.

"Sebagian besar pasien campak dan gizi buruk memang membaik kondisinya. Namun itu kembali lagi kepada pola hidup di lingkungannya," kata dr.Fathih, SpA seperti yang dikutip dari rilis Kemenkes kepada VIVA, Kamis, 25 Januari 2018.

Ini Wilayah di Ibukota dengan Angka Gizi Buruk Tertinggi

Menurutnya, peran pola makan keluarga berpengaruh besar pada gizi anak. Dilanjutkan oleh dokter Fathih, masyarakat bisa mengubah pola hidup dengan memperhatikan kesehatan keluarga dan lingkungan.

"Karena yang menjadi penyebab gizi buruk dan campak itu ada banyak faktor seperti pola makan, tidak PHBS, dan tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Viral, Aksi Prajurit TNI Tolong Nyawa Bocah Miskin Kurus Kering

Bahkan bisa saja pasien yang tadinya dinyatakan sembuh dan bisa pulang, beberapa waktu kemudian dia balik lagi dengan penyakit yang sama," kata dr. Fathih, SpA.

Lebih lanjut, pernah ada pengalaman beberapa kasus gizi buruk yang dinyatakan membaik. Saat itu kondisi pasien gizi buruk sudah bagus dan diperbolehkan pulang, tetapi beberapa waktu kemudian pasien tersebut kembali lagi dengan masalah yang sama.

"Karena tadi, gizi buruk bukan hanya soal makan. Pasien sudah kembali ke kampung, tapi balik lagi ke rumah sakit dengan gizi buruk. Karena orang tuanya tidak memberi pola makan yang benar dan lingkungan tidak bersih,” kata dr. Fathih.

Maka penanganan yang diberikan pemerintah diharapkan mampu memperbaiki pola makan anak dan keluarganya. Hal ini mencakup asupan makanan yang diberikan kepada pasien dengan gizi buruk di RSUD Agats.

Pasien mendapatkan susu dengan formulasi khusus, yakni susu formula ditambah gula. Tujuannya memberikan kalori untuk tumbuh kejar.

Diberikan pula antibiotik pada penderita gizi buruk dengan infeksi, vitamin A, serta asam folat. Pemantauan kenaikan berat badan pun dilakukan setiap pagi, siang dan sore.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya