Terasi, Si Penyedap Kaya Nutrisi?

Ayo Hidup Sehat.
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Terasi adalah salah satu bumbu masakan yang cukup populer di Indonesia. Salah satu bahan baku terasi berupa udang atau ikan yang sudah difermentasi. Pembuatan terasi secara tradisional banyak dilakukan penduduk di daerah pesisir. Banyak pabrik juga telah memproduksi terasi secara modern dewasa ini. Pada umumnya, terasi dipakai sebagai bahan utama untuk membuat sambal.

Sering Mimisan? Bisa Jadi Tanda Penyakit Kanker yang Perlu Diwaspadai

Terdapat tiga macam terasi, ada terasi udang, ikan, dan terasi campuran antara ikan dan udang. Masyarakat sendiri tampaknya lebih menyukai terasi udang, karena aromanya lebih sedap dan rasanya lebih lezat.

Terasi memang bukan bahan pangan utama seperti ikan atau daging. Ia hanya sejenis bumbu atau bahan penyedap rasa. Meskipun demikian, apakah terasi dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh?

Jangan Abai Sering Mimisan Hingga Pusing, Bahaya Hipertensi Mengintai

Tema lain yang akan dibahas adalah soal mimisan. Hampir semua orang pernah mengalami mimisan. Kondisi ini cenderung menakutkan dan menyebabkan kepanikan, khususnya jika terjadi pada anak-anak atau lansia. Perlu diketahui bahwa mimisan atau epistaksis merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak mengancam jiwa.

Mimisan adalah pendarahan yang terjadi dari hidung. Darah dapat keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dengan durasi yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya hanya selama beberapa detik, dan ada yang lebih dari 10 menit.

Gelombang Panas Picu Anak Dehidrasi Hingga Mimisan, Begini Anjuran IDAI

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati karena mimisan mungkin saja mengindikasikan adanya penyakit-penyakit tertentu.

Dua topik menarik tentang kesehatan tersebut akan dikupas tuntas dalam program tayangan AYO HIDUP SEHAT yang tayang live di tvOne Rabu, 31 Januari 2018, pukul 13.00 WIB. Bersama host dr. Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr. Reinita Arlin Puspita, acara ini juga menghadirkan narasumber berkompeten.

Pada tema pembahasan 1 'Mitos/Fakta Terasi' akan dibahas oleh dr Marya W Haryono, M.Gizi, SpGK. Lalu, pada pembahasan tema 2 'Mimisan' akan dibahas oleh dr Syahrial M Hutahuruk, Sp.T.H.T.K.L(K) dan dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein, SpPD.

Tayangan tersebut juga dapat disaksikan live streaming di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya