Konsumsi Kangkung Berbahaya, Benarkah?

Kangkung Tauco
Sumber :
  • http://ikaray.net/resep/kangkungtauco.jpg

VIVA – Kangkung, siapa yang tak suka. Sayuran yang sering dijadikan sajian tumis dan plecing ini memiliki cita rasa gurih bahkan jika hanya sebatas dilalap saja.

Viral Bule Beberes Kangkung yang Berantakan di Bandara Jadi Sorotan

Tanaman kangkung biasanya hidup di daerah yang berlumpur seperti rawa-rawa, parit, dan tepi sungai. Kangkung memiliki banyak manfaat salah satunya adalah kaya akan serat yang berguna untuk menjaga asam empedu dan mencegah kolestrol.

Tak hanya kaya serat, kangkung juga mengandung zat besi dan mineral yang baik bagi tubuh kita, sehingga bagi penderita anemia sangat dianjurkan. Selain itu, kangkung juga mengandung betakaroten tinggi yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang menangkal radikal bebas seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit paru-paru.

7 Resep Tumis Kangkung dalam Berbagai Versi yang Mudah dan Enak

Namun dibalik manfaatnya yang cukup banyak, belum lama ini ramai dibicarakan bahwa kangkung termasuk sayuran yang dilarang di AS.

Menurut Federal Noxious Weed List USDA, kangkung dikelompokkan sebagai daftar sayuran beracun sejak Desember 2010 silam karena dianggap sebagai sayuran yang mengandung gulma berbahaya dan ada pula yang beranggapan bahwa dalam kangkung terdapat cacing yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Benarkah demikian?

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Selain penelitian yang menyebutkan hal itu, kangkung juga dikenal sebagai makanan yang mampu membuat tubuh menjadi lemas dan ngantuk.

Bicara soal 'ngantuk dan lemas', pernahkah Anda merasakan ngantuk dan lemas luar biasa, bahkan ketika Anda merasa sudah istirahat cukup.

Secara umum, sebagian besar kasus kelelahan disebabkan oleh tiga hal yakni faktor gaya hidup, masalah psikologis atau kondisi medis. 

Tetapi, kelelahan juga bisa menjadi tanda dari gejala suatu penyakit. Kelelahan tidak sama dengan kantuk, meskipun pada umumnya lelah sering disertai keinginan untuk tidur dan kurangnya motivasi untuk melakukan aktivitas.

Namun, bagaimana jika kondisi lelah anda disertai dengan jantung berdebar-debar? 

Ada beberapa kondisi berbeda bagi tubuh yang menyebabkan rasa sangat lelah dan jantung berdebar dengan lebih cepat, seperti kebiasaan konsumsi kafein secara berlebihan, merokok dan bisa jadi itu tanda anda kekurangan air putih karena tubuh anda akan tidak mampu menjaga keseimbangan elektrolit yang sesuai sehingga membuat kerja jantung menjadi tidak sesuai dengan aktivitas tubuh. 

Gejala mudah lelah lainnya bisa terjadi karena perubahan kadar gula dalam tubuh.

Gejala lelah terutama kaitannya dengan konsumsi kangkung akan dikupas tuntas dalam tayangan talkshow AYO HIDUP SEHAT tvOne Kamis 1 Februari 2018 yang tayang live pukul 13.00-14.00 WIB.

Dipandu host dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Sheila Salsabila BMedSc, Taklkshow tersebut akan dikupas tuntas oleh pakar yang berkompeten di bidangnya.

Tema 1 'Bahaya Konsumsi Kangkung' akan dikupas oleh Dr med. dr. Maya Surjadjaja, MS, SpGK. Dan Tema 2 'Mudah lelah' akan dibahas oleh dr. Warigit Dri Atmoko, SpPD, MKes dan dr. Ida Imasanti, SpJP.

Tayangan AYO HIDUP SEHAT juga bisa Anda saksikan live streaming di sini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya