5 Kebiasaan Ini Bisa Hancurkan Pernikahan

Ilustrasi pasangan sedang bertengkar.
Sumber :
  • pixabay/LindsayFox

VIVA – Tidak mudah bagi dua orang yang saling mencintai satu sama lain, untuk mengakhiri pernikahan. Namun, seringpula timbul keinginan secara sadar untuk berpisah. Banyak pasangan berpikir, lebih baik berpisah daripada tetap bersama.

Tak Perlu Galau Soal Waktu yang Tepat untuk Menikah

Dalam perkawinan, terkadang ada alasan yang tidak dapat didamaikan di balik keputusan mereka dan terkadang ada beberapa masalah yang bisa dengan mudah diputuskan untuk menyelamatkan pernikahan.

Hal ini ternyata bisa terjadi, karena beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya, namun bisa menjadi biang pertengkaran antara pasangan. Jika berhasil mengusir kebiasaan ini, maka pernikahan Anda dan pasangan bisa semakin kuat. Berikut perlu Anda tahu, kebiasaan antar pasangan suami istri yang bisa jadi bencara dalam rumah tangga seperti dilansir laman Times of India.

Ini 6 Alasan Terburuk untuk Memutuskan Menikah

Tidak menangani masalah penting pada waktu yang tepat

Bila ada masalah dalam suatu hubungan, selalu ada baiknya mengatasi masalah sesegera mungkin. Tapi banyak yang memilih jalan keluar dengan mudah tidak mengatasi, dan membiarkan masalah tersebut berlarut-larut. Jika didiamkan, masalah ini kapan saja bisa kembali menjadi biang pertarungan dan akan sangat sulit untuk diselesaikan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menikahi Duda atau Janda

Mengungkit masalah lama

Tanpa sadar, banyak pasangan seringkali mengungkit masalah lama yang terjadi antara mereka. Membawa masalah lama dalam rumah tangga, bisa merusak suasana. Ini adalah kebiasaan yang harus dihindari dengan segala cara. Bila pasangan terus-menerus mengomel dan mengungkit masalah lama, tentu akan sangat mengganggu dan bisa sangat menyebalkan. Jika Anda tidak dapat menangani masa lalu Anda, akan sangat sulit bagi Anda dan pasangan merencanakan untuk mengelola masa sekarang dan masa depan.

Berbicara di belakang

Apa hal pertama yang dilakukan seseorang setelah bertengkar sengit dengan pasangannya? Biasanya, salah satu pasangan terutama wanita akan memanggil teman atau keluarga dan menangis di hadapan teman atau keluarga adalah salah satu pilihannya. Tanpa disadari, terkadang seseorang berbicara dengan cara yang kejam tentang pasangannya pada orang lain. Percayalah, kata-kata bisa menjadi senjata paling tajam yang bisa membuat hubungan berdarah bahkan bisa menyebabkan perpecahan.

Membandingkan pasangan dengan mantan

Tanpa sadar, setiap orang akan ingat dengan mantan terdahulunya. Membandingkan pasangan saat ini dengan mantan juga sering dilakukan. Kebiasaan ini, yang tidak hanya menghambat seseorang untuk menghargai pasangan saat ini. Lambat laun, hal ini bisa membunuh pernikahan dari waktu ke waktu.

Tidak menghormati ruang pribadi pasangan

Setelah menikah, banyak orang mulai bertingkah laku seperti 'wali', terutama pria. Mereka mencoba untuk tetap mengawasi kegiatan pasangan mereka dan beberapa bahkan tidak berpikir dua kali sebelum memeriksa telepon dan email masing-masing. Setiap orang membutuhkan sedikit privasi dan perilaku pasangan seperti itu bisa sangat membuat frustrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya