Korban Banjir Rentan Derita Bronkitis dan Pneumonia

Menkes RI, Nila Moeloek
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Beberapa wilayah di Ibu Kota DKI Jakarta tergenang banjir. Kondisi tersebut mulai meningkatkan keresahan masyarakat akan penyakit yang mengintai.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Dikatakan Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek, bahaya penyakit leptospirosis semakin meningkat saat air menggenangi permukiman warga. Sebab, tikus yang bertempat tinggal di situ, ikut keluar dan hidup di kawasan yang tergenang air.

"Potensi leptospirosis pasti, karena tikus-tikus keluar dari sarangnya dan air kencingnya itu yang berbahaya ketika bercampur dengan air genangan banjir," ujar Menkes Nila ditemui di Gedung Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan, di Jakarta, Kamis 8 Februari 2018.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Selain bahaya leptospirosis, Menteri Nila menegaskan minimnya akses air bersih yang mengalir di sekitar rumah warga. Kondisi tersebut berdampak pada penyakit diare yang rentan mengintai.

"Lingkungan yang kotor, pasti beberapa penyakit hadir seperti diare, ISPA, demam, flu berkepanjangan. Ditambah, kurang makan dan tidur, jadinya imun semakin menurun. Bahayanya bisa ke gangguan paru-paru, yakni bronkitis atau lebih berat lagi pneumonia," ungkapnya.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Menurutnya, meski belum ada laporan terkait bahaya penyakit yang mengintai, Nila meyakini bahaya ISPA sudah hadir di masyarakat. Untuk itu, ia berharap masyarakat bisa menjaga lingkungannya agar tetap bersih saat banjir melanda.

"Kesehatan itu harus dari hilir, jadi 40 persen penyakit disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Maka, sebaiknya saat banjir, bisa diungsikan dan dijaga daerah pengungsiannya," tuturnya.

Warga Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Jakbar), terpaksa harus melakukan pencoblosan ditengah genangan air akibat banjir saat Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 039.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya mengatakan pihaknya tentu berupaya mengantisipasi bencana banjir yang dapat terjadi saat proses p

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024