Fakta Unik Kondom, Tak Selalu Digunakan untuk Bercinta

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.
Sumber :
  • Pixabay/Anqa

VIVA – Digunakan sejak 15000 tahun lalu, kondom kini telah menjadi salah satu alat kontrasepsi yang banyak dipilih. Meski begitu, masih banyak yang belum mengetahui fakta-fakta dibalik kondom.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Beberapa di antaranya bahkan tidak seperti anggapan kebanyakan orang selama ini. Berikut ini adalah sejumlah fakta unik dari kondom seperti dilansir dari laman Times of India.

40 Persen kondom dibeli wanita

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Menurut data terbaru, 40 persen kondom justru terjual kepada para wanita yang bertanggung jawab atas kesehatan seksual dirinya dan pasangannya.

Valentine's Day jadi hari nasional kondom

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Hari valentine selalu identik dengan bunga dan cokelat. Tapi, data menyebutkan bahwa sekitar 87 kondom digunakan setiap detik pada tanggal 14 Februari. Data ini tentu memperkuat sebutan untuk hari Valentine sebagai hari nasional kondom.

Sebutan orang Denmark untuk kondom 

Nama ini memang sulit untuk diucapkan. Tapi, nama sederhana kondom di negara ini adalah jimmes. Namun, nama resminya adalah Svangerskabsforebyggendemiddel. Meskipun mereka juga punya istilah umun yang digunakan, yaitu gummimand.

Kondom bekas disebut scumbag

Kondom bekas yang sudah digunakan dan berisi sperma pria disebut dengan scumbag. Istilah ini ditemukan pada tahun 1960-an.

Kondom sudah digunakan sejak 15000 tahun lalu

Tidak hanya manusia zaman sekarang, nenek moyang kita juga ternyata sudah menyadari tentang seks yang aman. Orang mulai mengenal kondom dari seorang manusia gua Perancis bernama Grotte des Combarrelles, yang dindingnya dilukis dengan seorang pria yang menggunakan kondom. Lukisan ini diperkirakan berusia 15000 tahun. Sebuah buku berjudul 'Johnny Come Lately: A short history of condom' punya data ini.

Kondom tertua terbuat dari usus babi

Museum Austria masih menyimpan kondom tertua di dunia, yang dibuat oada tahun 1640. Kondom tersebut merupakan kondom dari Swedia yang terbuat dari usus babi. Dikatakan juga bahwa kondom uni dibuat dengan direndam pada susu panas agar terbebas dari kuman sebelum digunakan. Bahan lain yang digunakan untuk membuat kondom zaman dahulu adalah kandung kemih binatang, kulit ikan, tanduk, kertas sutra berminyak, dan tempurung kura-kura.

Kondom digunakan tentara untuk melindungi senapan dari karat.Senapan yang digunakan dalam perang dilapisi dengan kondom agar tidak berkarat. Metode ini dibuat pada Perang Dunia II. Wadah untuk senapan dilapisi dengan kondom.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya