Mengenal Jenis Olahraga Tak Populer di Tanah Air

Pertandingan final bola voli Test Event Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Indonesia memiliki beragam jenis olahraga yang juga banyak digemari masyarakatnya. Namun, tak sedikit beberapa jenis olahraga cenderung terlupakan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Biasanya, orang Indonesia cenderung mengenal olahraga yang populer mencakup sepakbola, basket, badminton, serta voli. Padahal, Indonesia lebih sering menorehkan nama baik dari kemenangan yang diraih dari jenis olahraga lainnya.

"Weighlifting (angkat beban) dan panah itu seringkali terlupakan dan tidak populer. Padahal, dua olahraga itu meraih medali lebih banyak dibanding olahraga populer seperti badminton," ujar Ratna Irsana, dalam temu media Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 8 Maret 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC)

Untuk itu, Ratna berharap agar masyarakat bisa mulai melirik jenis-jenis olahraga lainnya yang tidak terlalu populer. Momen Asian Games sendiri bisa menjadi wadah agar masyarakat bisa kembali mengenal ragam jenis olahraga yang kian jarang terdengar.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Di sini, masyarakat Indonesia bisa mengenal kembali jenis-jenis olahraga dan keunggulan kita di bidang apa. Karena, olahraga kita bukan hanya badminton dan bola," kata dia.

Lebih lanjut, Ratna menginginkan agar masyarakat turut bisa mengenalkan kebudayaan Indonesia melalui karya seni yang bisa dijajakan di sepanjang momen Asian Games 2018 mendatang.

"Nanti di Asian Games 2018, akan ada 15 ribu orang yang datang untuk menyaksikan perhelatannya. Masyarakat bisa berpartisipasi aktif di momen ini, misal dengan mengenalkan kebudayaan Indonesia melalui produk homemade," paparnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya