Waspada, Ini Tanda Bukan Sariawan Biasa

Peringatan Hari Kesehatan Mulut Sedunia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Sariawan adalah salah satu jenis penyakit yang sering dianggap sepele. Peradangan ringan yang sering terjadi di rongga mulut ini biasanya hanya berlangsung hingga empat minggu lamanya. Namun bagaimana jadinya jika sariawan tak kunjung sembuh melebihi empat minggu?

Ada Lagi Gejala Aneh COVID-19 Termasuk Omicron, Kini Muncul di Lidah

Drg. Rahmi amtha MDS, Sp.PM, PhD, menyebut bahwa sariawan yang tak kunjung sembuh harus diwaspadai, karena bisa terkait dengan kondisi serius.

"Lesi (sariawan) yang tidak sembuh lebih dari empat minggu, itu harus segera diperiksa ke dokter karena telah menyalahi kodratnya sariawan. Selain itu, jika sariawan terus berulang bahkan setelah diobati, harus diwaspadai," ujar dokter Rahmi kepada VIVA di Jakarta.

Awalnya Sariawan, Aktris Ini Ternyata Idap Autoimun

Menurutnya, jika di area mulut ada pemicu sariawan, maka masih dianggap wajar. Namun, jika sariawan berulang tanpa sebab, bisa menjadi pertanda lain.

Ilustrasi sariawan.

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

"Kalau sariawan terus berulang tanpa sebab, misal tidak ada faktor iritasi seperti kawat gigi atau gingsul, itu harus segera diperiksa ke dokter," jelasnya.

Selain itu, jika pinggiran di sekeliling bulatan sariawan tampak mengeras, bukan tak mungkin menjadi pertanda penyakit lain. Sebab, bulatan sariawan umumnya tidak mengeras.

"Biasanya pinggiran sariawan itu memerah bukan mengeras. Kadang, ada juga yang tampak pinggirannya menggulung, nah itu bukan sariawan tapi bisa penyakit lain," kata Rahmi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya