Keasyikan Main Ponsel, Wanita Ini Hampir Mati

Wanita di China hampir mati karena main ponsel 20 jam non-stop
Sumber :
  • AsiaOne

VIVA – Telepon seluler (ponsel) atau smartphone dapat membantu dan memudahkan. Namun jika digunakan secara berlebihan bisa memberi dampak buruk pada pemakainya. Ada beberapa kasus buruk yang menimpa sejumlah orang karena keasyikan main ponsel.

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Kasus terbaru terjadi di China pada awal bulan ini. Seorang wanita berusia 40-an tahun hampir meregang nyawa karena mengalami serangan stroke. Stroke yang dialaminya akibat menggunakan ponsel selama 20 jam non-stop.

Wanita itu memainkan ponselnya dalam perjalanan dari Henan ke Gangzhoun menggunakan kereta. Bahkan, karena asyiknya, wanita itu tidak bergerak sedikitpun dari tempat duduknya.

Wafat di Usia 97 Tahun, Solihin GP Sempat Enam Kali Alami Stroke hingga Lumpuh

Dia belum merasakan apapun sampai tiba di stasiun tujuan. Ketika turun turun dari kereta, wanita itu pingsan dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Jinan. Saat itu, dia menunjukkan gejala stroke.

"Kami bingung, ucapannya tidak jelas, mati rasa di salah satu sisi tubuh," kata Dr Meng, Wakil Direktur Neurologi Rumah Sakit Universitas Jinan, seperti dilansir dari AsiaOne.

Beberapa Masalah yang Bisa Muncul Setelah Pasang Ring Jantung

Hasil CT Scan dan MRI menunjukkan, bahwa telah terjadi penggumpalan darah sehingga menyebabkan terjadi penyumbatan di bagian sisi kiri otak wanita tersebut. Akhirnya, wanita yang dalam kondisi kritis itu dioperasi selama tiga jam.

Selama prosedur bedah, dokter mengeluarkan banyak darah beku berukuran 2 centimeter (cm). Wanita itu juga memiliki dua kali jumlah bekuan darah dibanding pasien lainnya.

Wanita tersebut mengatakan bahwa dia terkejut saat mengetahui telah mengalami stroke. Sebab, dia mengaku sehat dan tidak punya riwayat penyakit kardiovaskular.

Lalu apa yang menyebabkan penyakit stroke yang dialaminya?

Dr Meng menjelaskan, bahwa melihat ponsel dalam waktu yang lama bisa menekan pembuluh darah leher. Selain itu, mempertahankan postur tubuh yang sama terlalu lama juga bisa menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, yang bisa membentuk bekuan darah.

Menurut dia, penggunaan ponsel telah meningkatkan jumlah pasien stroke dengan usia lebih muda. Karena itu, dia menyarankan pengguna ponsel untuk mengadopsi postur tubuh yang baik saat menggunakan perangkat tersebut dan sering beristirahat.

Dengan beberapa kasus akibat kelamaan main ponsel, sudah saatnya Anda bijak dan cerdas dalam mengunakannya, terutama bagi pecandu ponsel agar kejadian buruk seperti stroke tak terjadi pada Anda. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya