Sering Barberque Picu Tekanan Darah Tinggi

Barbeque daging sapi panggang.
Sumber :
  • Reuters/David L. Reamer

VIVA – Rutin mengonsumsi daging merah yang terlalu matang, dapat memicu tekanan darah tinggi. Peneliti dari Harvard menemukan, metode memanggang dan barbeque berisiko 17 persen lebih besar terhadap tekanan darah tinggi.

Demam Hingga Darah Tinggi Tak Dianjurkan Terima Vaksin Booster

Dilansir dari laman Medical Daily, studi yang melibatkan lebih dari 100 ribu orang dewasa, dengan tidak memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, serta gangguan kardiovaskular di awal. Mereka di-follow up selama lebih dari 16 tahun, 37 ribu partisipan tercatat memiliki tekanan darah tinggi.

Metode memasak dengan memanggang daging merah cenderung 15 kali berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Risiko ini juga 15 persen lebih tinggi pada mereka yang mengonsumsi daging terlalu matang dibandingkan yang setengah matang.

Ahli: Bumbu Dapur Ini Bisa Turunkan Kolesterol & Obati Darah Tinggi

Festival Daging Panggang di Argentina

"Penemuan kami bertujuan agar menghindari metode memasak tertentu termasuk memanggang dan barbeque, karena dapat memicu hipertensi pada mereka yang mengonsumsi daging merah, daging ayam, dan ikan secara rutin," ujar Ketua peneliti, Gang Liu.

10 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat, Gak Susah Kok

Penelitian sebelumnya juga telah menemukan adanya kaitan antara daging panggang dengan masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Bahkan, studi tahun 2014 menemukan bahan kimia yang terkandung dalam proses memasak melalui barbeque dapat memicu kanker.

Peneliti juga menyarankan agar frekuensi mengonsumsi daging panggang bisa dikurangi untuk meningkatkan kesehatan. Anda bisa mencoba mengonsumsi daging dengan pengolahan lain, seperti sup, steam, dan direbus agar lebih sehat. (ren)

Ilustrasi ikan tenggiri

Hati-hati, Ikan Jenis Ini Ternyata Tingkatkan Risiko Hipertensi

Meksipun ada banyak manfaat kesehatan yang didapat terkait konsumsi ikan, namun jenis tertentu ternyata bisa berdampak sebaliknya.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022