Bukan Sebelum Tidur, Ini Waktu Terbaik Minum Vitamin

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Konsumsi makanan sehat menjadi sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun, biasanya dari makanan saja tidak selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Maka dari itu, seringkali dibutuhkan multivitamin untuk melengkapinya.

Ngeri, Ini Tanda-tanda Anda Kelebihan Konsumsi Vitamin

Hal itu disampaikan ahli nutrisi dari Youvit, Rachel Olsen. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin? Jawabannya adalah setelah makan.

"Dianjurkan minum vitamin itu setelah makan. Sebab, vitamin A, D, dan E, itu larut di lemak jadi gampang diserap tubuh kalau ada lemak jadi gampang," ungkap dia saat ditemui VIVA, Senin, 30 April 2018.

Mengejutkan, Konsumsi Vitamin Ternyata Tak Banyak Manfaat

Meski begitu, ditegaskan Rachel, penyerapan vitamin juga tergantung pada sistem pencernaan masing-masing individu.

"Tergantung dari sistem pencernaan seseorang. Bisa mengonsumsi sebelum makan, tapi untuk yang optimal lebih baik setelah makan," jelas dia.

Bolehkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin saat Puasa?

Ilustrasi buah dan sayuran.

Rachel juga membantah soal banyaknya anggapan dari masyarakat bahwa mengonsumsi vitamin baik dilakukan sebelum tidur.

"Itu mitos. Kalau vitamin B complex dikonsumsi malam hari bagaimana optimalnya? Karena kalau tidur enggak makan lagi jadi vitamin tidak terlalu bekerja jadi lebih baik vitamin diminum setelah makan," terang dia.

Namun hal itu dikecualikan untuk vitamin yang mengandung omega 3. "Tapi kalau untuk mengosumsi omega 3 bagusnya memang sebelum tidur. Karena saat tidur otak melakukan regenerasi," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya