Bukan Minum Obat, Dokter India Lakukan Ini Untuk Cegah Flu

Ilustrasi flu berat.
Sumber :
  • Pixabay/ gfhjkm123

VIVA – Siapa saja bisa mengalami serangan flu. Tak terkeculi dokter yang kita ketahui, sering menjadi penolong untuk banyak orang yang sakit.

7 Peristiwa Mengerikan Ini Nyaris Bikin Dunia Kiamat, dari Nuklir hingga Erupsi Tambora

Flu, adalah penyakit yang umum diderita siapa saja. Tetapi meskipun sudah begitu umum, masih banyak orang yang tidak yakin, apa yang harus dilakukan untuk mengurangi gejala flu agar kondisi lebih baik.

Dilansir laman Times of India, sebagian orang memilih untuk mencoba obat tradisional untuk menyembuhkan flu. Bahkan dokter di India, memilih untuk mengonsumsi obat rumahan. Meski begitu, tetap langkah terakhir yang ditempuh adalah pergi ke dokter.

Jumlah Penderita COVID-19 di Depok Naik 200 Persen

Dalam artikel ini, ada tiga dokter mengungkapkan apa yang mereka lakukan ketika mereka kedinginan dan mengalami serangan flu.

Ilustrasi terserang flu.

Liburan Jangan Abai! Ini Penyakit Sering Mengintai Wisatawan, Apalagi yang Doyan Kulineran

Dr Vishakha Mahindroo, Konsultan Senior MD (Ayurveda), mengatakan, ada tiga hal dasar yang dia lakukan ketika dia mengalami flu. Pertama melakukan uap dengan air biasa diikuti dengan berkumur dengan air hangat ditambah kunyit di dalamnya dan minum rebusan jahe tulsi. Dia mengatakan bahwa tiga langkah ini membantunya menghilangkan rasa sakit dan memberinya energi untuk melawan flu.

Dr Aditya Singh Rana, MD Physician, Apex Multi Specialty Polyclinic, memberi tahu bahwa flu biasanya terjadi ketika ada perubahan cuaca. Untuk itu, harus berhati-hati selama musim berubah. Namun hati-hati juga, flu bisa saja menular dari orang lain.

Jika terlanjut terserang flu, Dr Rana juga punya cara untuk menyembuhkannya. Salah satunya, berkumur dengan air asin tiga sampai empat kali sehari dan minum teh tulsi. Cara ini, bisa memberikan 50 persen kelegaan. "Jika Anda menghadapi ketidaknyamanan akut, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter," ia menambahkan.

Dr Priyanaka Monga, BHMS, MD (Homeopathic), Homeopathy Trikaya juga memberitahu, bahwa hal pertama yang dia lakukan ketika dia diserang flu adalah menghindari makanan, minuman dan udara dingin. Untuk menenangkan tenggorokannya, dia membuat ramuan dari jahe, tulsi dan madu yang dicampur jadi satu. Lalu, diuap juga merupakan pilihan jika Anda merasa sesak di dada.

Dr Monga juga menyarankan untuk minum banyak cairan dan minum vitmain C untuk agar lebih capt pulih. Salah satunya bisa membuat minuman lemon (tidak dingin) karena lemon kaya vitamin C.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya