Jangan Mudik Saat Puasa, Sebelum Menyiapkan Lima Hal Ini

Ilustrasi mudik lebaran
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Bulan Ramadan paling menyenangkan jika dilewatkan bersama keluarga tercinta di rumah. Tapi kadang-kadang di tengah-tengah berpuasa, kita dihadapkan pada momen mudik atau pulang kampung, yang membuat kita melakukan perjalanan jauh.

Biar Gak Lemas Puasa, Ini Ide Seru Aktivitas Ramadan Buat Si Kecil

Memang, aturan agama memberi keringanan bagi kita untuk tidak berpuasa di tengah bepergian. Tapi ini hanya berlaku bagi mereka yang menempuh jarak tertentu yang sangat jauh. Namun, pada prinsipnya, puasa tetap menjadi kewajiban. Sehingga yang bisa kita lakukan adalah menyiasati bagaimana agar dalam perjalanan yang kita tempuh saat puasa, tubuh tetap dalam kondisi fit dan prima.

Untuk itu, coba beberapa tips berikut ini.

Puasa Bukan Alasan Untuk Tak Berolahraga

1. Bekal sehat untuk berbuka

Kemungkinan ada banyak kendala yang akan kita temui di perjalanan, seperti penerbangan terlambat, terjebak macet, atau kehilangan barang bawaan. Untuk menjaga tubuh tetap fit, bawa kantung kecil berisi kurma atau protein bar, dan sebotol air putih untuk dikonsumsi langsung saat berbuka puasa.

Makan 6 Buah Ini Saat Sahur, Jadi Lebih Kuat Tahan Lapar

2. Aplikasi pendukung ibadah

Download aplikasi Ramadan yang tepat untuk mengetahui jadwal beribadah, membantu mencari masjid terdekat di kota yang baru atau berburu makanan berbuka saat sampai di kampung halaman. Anda bisa mengunggah HalalTrip untuk mencari masjid trdekat atau Muslim Pro untuk bacaan Alquran.

3. Perencanaan tepat

Sebelum melakukan perjalanan, hal terpenting yang harus direncanakan yaitu persiapan menu sahur dan berbuka dengan tepat di kota yang belum Anda kenali.

4. Segerakan berbuka

Di mana pun Anda berada, saat azan Maghrib terdengar, segera berbuka puasa. Selain disarankan untuk mengonsumsi menu yang manis, usahakan memilih makanan yang cepat menghidrasi tubuh, seperti buah-buahan kaya kandungan air dan buah. Sebaliknya, hindari gorengan dan makanan berminyak yang justru menyebabkan begah di perut.

5. Berangkat usai berbuka

Memilih waktu mudik setelah berbuka memberi beberapa keuntungan, di antaranya tubuh sudah menerima asupan makanan sehingga lebih berenergi. Jika menempuh perjalanan darat dan membawa kendaraan pribadi, dapat sekaligus singgah di spot-spot kuliner di beberapa daerah berbeda. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya