Waspadai Gejala Sendawa Tidak Normal

Ilustrasi menunda makan atau puasa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kebanyakan orang melakukan sendawa usai makan. Sendawa memang merupakan proses alamiah tubuh, di mana udara dari perut keluar lewat tenggorokan dan mulut.

Lubang Hitam Habis Makan Langsung Bersendawa

Hal tersebut merupakan pertanda bahwa sistem pencernaan bekerja dengan benar dan normal. Namun, bagaimana kalau sendawanya tidak normal?

Sendawa yang diikuti dengan gejala-gejala tertentu bisa menjadi pertanda ada yang salah dari tubuh. Bagaimana cara mengetahui sendawa yang tidak normal atau berlebihan?

Cara Mengatasi Perut si Kecil yang Kembung

Menurut ahli, kalau sendawa yang dialami sampai sangat mengganggu dan terjadi hingga beberapa hari dalam sepekan, sebaiknya periksa ke dokter. Pada umumnya, penyebab sendawa yang berlebihan disebut aerophasia.

Aerophasia adalah aktivitas menelan udara (seperti minum soda atau mengunyah permen karet) berlebihan. Seseorang bahkan mungkin tidak menyadari sedang melakukannya. Semua udara yang tertelan tersebut terperangkap di dalam esofagus atau lambung dan harus dikeluarkan oleh tubuh.

Waspada Sendawa Berlebihan Gejala Penyakit Serius

Aerophasia memang bukan suatu penyakit. Seseorang hanya perlu mengubah kebiasaan agar tidak mengalaminya. Bersendawa tidak membahayakan, tapi jika berlebihan dapat mengganggu.

Namun, pada kasus langka sendawa bisa menjadi indikasi masalah yang lebih serius. Berikut sejumlah pertanda sendawa tidak normal yang bisa mengindikasikan penyakit yang lebih serius, seperti dilansir dari Womens Health Magz.

Wasapadai Gejala Sendawa Tidak Normal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya