Makan Daging Kambing Bikin Pusing, Mitos atau Fakta

Ayo Hidup Sehat.
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Daging kambing, siapa sih yang tidak pernah makan daging hewan yang satu ini? Di Indonesia, daging kambing dapat dinikmati dalam beragam sajian hidangan, seperti sate, gulai, tongseng, nasi kebuli, kebab dan masih banyak lagi.

Olahan Daging Kambing Ini Siap Lecut Gairah Pasangan Suami-Istri

Namun, di balik kenikmatan daging kambing ternyata banyak mitos beredar yang membuat penggemar daging ini justru takut untuk menyantapnya. Salah satunya adalah daging kambing dianggap meningkatkan tekanan darah dan sarat kolesterol yang berbahaya untuk tubuh.

Anggapan ini seakan benar adanya karena efek hangat atau cenderung panas yang dirasakan oleh mereka yang baru saja menyantap daging kambing. Apakah sensasi panas tersebut bisa dijelaskan secara medis? Ataukah daging kambing akan terus menjadi kambing hitam penyebab berbagai penyakit?   

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Mengenai hal ini, akan dibahas lebih jauh dalam program AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Rabu 10 Januari 2018. Mengenai mitos daging kambing ini, akan dikupas tuntas bersama nara sumber DR med. dr. Maya Surjadjaja, MS, SpGK dan juga akan diberikan tips bagaimana mengolah daging kambing sehat bersama Chef Muto.

Tak hanya itu, di segmen kedua juga akan dibahas mengenai tema Sendawa. Seperti kita ketahui, semua orang pasti pernah mengalami sendawa, bahkan mungkin sering mengalaminya.

Lubang Hitam Habis Makan Langsung Bersendawa

Ya, sendawa merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan gas berlebih secara alami. Kondisi ini adalah suatu hal yang baik, karena jika tidak dikeluarkan, maka gas di dalam perut yang berlebihan tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit di bagian perut.

Kebiasaan sendawa masih dianggap normal apabila saat perut penuh gas, Anda bersendawa 3-4 kali untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Namun jika lebih dari itu, anda harus waspada karena kebiasaan sendawa yang berlebihan adalah sinyal dari tubuh bahwa ada yang salah dengan kesehatan pencernaan anda.

Untuk lebih jelasnya ada beberapa penyakit yang dapat memicu sendawa menjadi berlebihan seperti, tukak lambung, intoleransi laktosa, penyakit reflux asam lambung atau GERD, gangguan pada pankreas (pancreatic insufficiency), radang pada dinding perut (gastritis), hernia hiatal dan masih banyak lagi. Nah ada baiknya bukan, jika kita mencoba mengenal beberapa sinyal tubuh terkait kesehatan kita sendiri.

Masalah sendawa ini akan dibahas lebih jauh bersama nara sumber dr.Irsan Hasan SpPD, KGEH
DR med. dr. Maya Surjadjaja, MS, SpGK.

Anda pun bisa menyaksikan AYO HIDUP SEHAT secara live di tvOne mulai 13.00 - 14.00 WIB bersama host, dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dr Reinita Arlin Puspita.

Live streamingnya, juga bisa Anda saksikan lewat laman VIVA.co.id, klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya