Waspada, 5 Gejala Sendawa Ini Tanda Penyakit Serius

Ilustrasi menunda makan atau puasa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sendawa memang merupakan proses alamiah tubuh, di mana udara dari perut keluar lewat tenggorokan dan mulut. Hal tersebut merupakan pertanda bahwa sistem pencernaan bekerja dengan benar dan normal. Namun, bagaimana kalau sendawanya tidak normal? Sendawa yang diikuti dengan gejala-gejala tertentu bisa menjadi pertanda ada yang salah dari tubuh. Bagaimana cara mengetahui sendawa yang tidak normal atau berlebihan?

5 Khasiat Hebat Bawang Merah, Obati Jerawat hingga Cegah Kanker

Menurut ahli, kalau sendawa yang Anda alami sampai sangat mengganggu dan terjadi hingga beberapa hari dalam seminggu, maka sebaiknya periksa ke dokter. 

Biasanya, hal pertama yang akan ditanyakan dokter adalah gaya hidup atau kebiasaan yang mungkin menyebabkan kondisi tersebut.

Jangan Salah, Udara Dingin Juga Menyehatkan

Pada umumnya, penyebab sendawa yang berlebihan disebut aerophasia. Aerophasia sendiri adalah aktivitas menelan udara (seperti minum soda atau mengunyah permen karet) berlebihan. Anda bahkan mungkin tidak menyadari sedang melakukannya. Semua udara yang tertelan tersebut terperangkap di dalam esofagus atau lambung dan harus dikeluarkan oleh tubuh. 

BACA SELENGKAPNYA

Ini yang Terjadi Saat Kelebihan Berat Badan Dibiarkan
Ilustrasi wanita cantik.

Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa

Batasi olahraga maksimal 20 jam selama seminggu.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2018