Ternyata Stres Tidak Mempercepat Pertumbuhan Uban Kok

Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rambut putih atau abu-abu umumnya mulai tumbuh saat seseorang memasuki usia 40-an tahun. Ya, uban merupakan bagian normal dari proses penuaan. Namun, pada beberapa orang, uban sudah mulai tumbuh di usia lebih muda. Terjadinya uban adalah sebuah proses fisiologis, ditandai dengan hilangnya sel-sel pigmen di folikel (kantong akar rambut) rambut kita. Untaian rambut tidak akan lagi menghasilkan melanin, sehingga rambut tumbuh berwarna perak, putih, atau abu-abu.

Zaidul Akbar Berbagi Resep Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali

Ada banyak teori nih Gengs, mengapa rambut seseorang berubah menjadi abu-abu, mulai dari faktor stres, genetik, dan kemungkinan penyebab lainnya. Disarikan dari laman medicaldaily.com, berikut ini fakta dan mitos seputar uban yang Kamu perlu tahu! Sebelumnya, Kamu juga harus paham terlebih dahulu fakta-fakta tentang pertumbuhan rambut kita.

Di kulit kepala kita tumbuh rata-rata 100.000 hingga 150.000 helai rambut. Meskipun berukuran sangat kecil, rambut sangat kuat lho! Sehelai rambut dapat menahan beban sekitar 100 gram atau hingga 3,5 ons. Jika seluruh rambut kepala disatukan, maka bisa menahan beban 10 hingga 15 ton. Ini artinya kulit kepala kita juga sangat kuat!

Terpopuler: Kisah Petugas Haji Melayani Tamu-tamu Allah, Pentingnya Pendidikan Seks Anak

Rambut manusia tumbuh secara mandiri, jadi setiap rambut tumbuh dan lepas sesuai siklus masing-masing. Ini dapat menjelaskan mengapa Kamu tidak pernah botak meskipun 100 helai rambut rontok dalam sehari, karena di satu sisi akan selalu digantikan rambut yang baru.

BACA SELENGKAPNYA

Masih Muda Rambut Sudah Beruban? Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya
Uban atau rambut putih belum tentu hanya karena penuaan.

Jangan Asal Cabut Uban, Ini 6 Bahaya yang Bisa Mengintai Anda

Tindakan mencabut uban yang kasar atau sering dapat merusak folikel rambut. Folikel rambut yang rusak dapat menghambat pertumbuhan rambut baru dan ganggu kesehatan rambut

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023