Coba Cek, Ini Pertanda Otak dalam Keadaan Sehat

Ilustrasi otak.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Geralt

VIVA – Kabar baik untuk orang-orang yang merasa lebih muda dari usia sebenarnya. Seperti dilansir dari Independent, menurut penelitian, jika kita merasa lebih muda dari usia, itu adalah pertanda bahwa otak dalam keadaan sehat.

Elon Musk Cetak Sejarah

Dengan menganalisis pemindaian otak, para peneliti menemukan bahwa orang yang menganggap diri mereka lebih muda memiliki lebih banyak materi abu-abu di daerah otak yang kritis, yang menandakan otak yang sehat.

Materi abu-abu memiliki banyak fungsi di otak termasuk membersihkan otak dari kelebihan bahan kimia dan mengangkut glukosa.

Inovasi Gila Elon Musk, Tanam Chip di Otak Manusia Pertama Kali

Studi ini juga menemukan bahwa mereka yang merasa lebih muda, menunjukkan kinerja yang lebih baik pada tes memori dan kurang melaporkan gejala depresi.

Para peneliti meminta 68 orang berusia 59 hingga 84 tahun, kemudian membandingkan respon terhadap pemindaian otak.

Fakta Mengejutkan Soal Otak, Ternyata Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Menurut Profesor Jeanyung Chey, yang memimpin penelitian, "Orang-orang yang merasa lebih muda memiliki karakteristik struktural, yaitu dari otak yang lebih muda."

Temuan ini juga menemukan pengaruh kondisi otak terhadap faktor-faktor lain, "Termasuk kepribadian, kesehatan subjektif, gejala depresi, atau fungsi kognitif," menurut Profesor Chey.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience, menemukan bahwa seseorang yang secara subyektif merasa lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya mungkin merasa demikian karena perubahan biologis atau pilihan gaya hidup.

Profesor Chey berkata: "Jika seseorang merasa lebih tua dari usia mereka, itu bisa menjadi tanda bagi mereka untuk mengevaluasi gaya hidup mereka, kebiasaan, dan kegiatan yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan mengambil tindakan untuk perawatan yang lebih baik untuk kesehatan otak mereka."

Usia subyektif yang lebih tua juga bisa menjadi indikator masalah yang lebih serius, seperti tahap awal demensia, menurut penelitian.

Kesadaran diri dari usia subjektif ini sangat penting karena dapat memberikan informasi yang tidak dapat dideteksi tentang kesehatan otak seseorang.

Bagi mereka yang merasa lebih muda dari usia mereka, dan kemudian menjalani gaya hidup yang aktif secara fisik dan mental, otak yang lebih sehat adalah hasilnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya