3 Manfaat Sentuhan Kulit Ibu pada Bayi

Ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/grisguerra

VIVA – Si kecil yang baru saja lahir ke dunia, tentu tak ingin jauh-jauh dari sosok ibunda. Apalagi, kedekatan ibu dan bayi dapat memberi manfaat, mulai dari kedekatan emosional hingga pencegahan penyakit.

Miris, Dioperasi Caesar saat Sekarat, Ibu-Bayi Meninggal di RSUD Ruteng

Salah satu cara kedekatan ibu dan anak yaitu melalui skin to skin contact atau kontak antar kulit ibu dan bayi. Metode ini biasanya disebut dengan kangaroo mother care, dengan menempelkan si kecil ke tubuh ibu tanpa ditutupi sehelai benang pun.

Ragam manfaat tentunya bisa dirasakan si kecil yang masih beradaptasi usai dilahirkan. Berikut tiga manfaat utama melakukan skin to skin contact yang dipaparkan Dokter Spesialis Anak, dr. Bernie Endiarini Medise, Sp. A(K), MPH, yang dirangkum VIVA, Rabu 11 Juli 2018.

Viral Ibu dan Bayi Meninggal Usai Persalinan, Keluarga Duga Ada Malpraktik di RSUD Indramayu

1. Termoregulator

Saat si kecil alami kedinginan atau hipotermia, segera lakukan skin to skin contact agar suhu ibu yang lebih tinggi bisa menular pada bayi. Apalagi, bayi dengan hipotermia cenderung alami nadi cepat sehingga metode ini mampu membuatnya lebih tenang dan suhu serta nadinya normal kembali.

Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir di Indonesia Tinggi, Anemia Salah Satu Penyebab Terbesar

2. Minim infeksi

Metode ini ampuh mencegah infeksi yang rentan mengintai si kecil. Sebab, di dada ibu terdapat kuman baik yang saat skin to skin dilakukan, membuatnya berpindah ke tubuh bayi. Bakteri baik itu bisa membantu meningkatkan imunitas si kecil. Bahkan, metode skin to skin contact bisa membantu kurangi angka kematian.

3. Tingkatkan nutrisi

Dengan mempererat kedekatan ibu dan si kecil, membuat ASI dengan mudah diberikan. Metode skin to skin contact ini membuat bayi bisa menggapai puting ibu dengan mudah dan sang ibunda juga bisa memahami kapan saja si kecil membutuhkan ASI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya