Ternyata Bawang Putih Berbahaya bagi Penderita Sakit Maag

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay/postchiangmai0

VIVA – Salah satu bumbu masakan yang terkenal kaya khasiat adalah bawang putih. Pakar Farmakologi dr. Rika Yuliwulandari, M.Hlt.Sc, PhD, Dipl.DK mengatakan, bawang putih memang memiliki banyak khasiat. Beberapa penelitian bahkan disebutnya telah membuktikan manfaatnya pada beberapa kasus.

Catat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

"Bawang putih biasa dimasak dan dikonsumsi. Selain itu banyak jurnal-jurnal penelitian yang membuktikan khasiatnya. Tentu khasiatnya juga lebih tinggi dari bawang putih biasa," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne.

Namun tak banyak yang tahu bahwa konsumsi bawang putih ternyata berbahaya bagi penderita maag.

Bukan Sakit Maag, Nyeri di Ulu Hati Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung, Begini Cara Bedakannya

"Fakta. Para herbalis berpendapat kalau bawang putih dikonsumsi penderita maag dalam perut kosong itu bisa fatal. Berdasarkan penelitian ternyata sama. Bawang putih sifatnya keras, jadi berbahaya bagi penderita maag dan tukak lambung. Konsumsi dengan perut kosong bisa timbulkan mual, muntah, dan tukak."

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa bukan berarti penderita maag tidak boleh sama sekali mengonsumsi bawang putih. Reaksi tersebut biasanyan terjadi jika bawang putih dikonsumsi 'mentah' dan dalam kadar tertentu.

Gak Dipenjara karena Sakit Lambung, Lina Mukherjee Isyaratkan Diintimidasi Seseorang

"Jika dikonsumsi mentah (misalnya berupa acar) atau ada kan beberapa jenis masakan yang pakai bawang putih mentah, itu juga tidak disarankan bagi penderita maag. Lalu kadarnya, jika terlalu sering itu yang memicu."

Tidak semua orang memiliki kerentanan yang sama terhadap bawang putih, ada yang sensitif dalam artian bawang putih mencetuskan sakit maagnya, ada juga yang tidak. 

"Intinya, secara umum, memang bawang putih ini dapat memperlambat pengosongan lambung dan karena itu mungkin kurang baik bagi penderita maag."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya